20 Apr 2019 16:06

Pariwisata Tomohon Digadang Jadi Kontributor PAD

MyPassion
Harold Lolowang

MANADOPOSTONLINE.COM---Selain potensi sektor pertanian yang dimiliki Kota Tomohon. Kota Bunga punya sejuta pesona, spot pariwisata  yang kini mulai dilirik banyak wisatawan mancanegara maupun lokal. Keindahan alam dan pesona Gunung Lokon memang jadi kelebihan daerah ini.

Dengan semakin banyaknya turis yang datang ke Tomohon. Otomatis kans pemasukan kas daerah bisa lebih terbuka lagi.

"Karena salah satu pendongkrak ekonomi dengan banyaknya kunjungan turis mancanegara maupun asing. Biaya hidup mereka di Tomohon, nginap dan makan turut memberdayakan pelaku usaha lokal,” ungkap Sekretaris Kota Tomohon Harold Lolowang.

Memang dari PAD pariwisata Kota Tomohon, kata Lolowang, tak secermerlang  Pulau Dewata. Meski begitu, dari total PAD Kota Bunga sebanyak Rp 716, Rp. 72 Miliar diantaranya masuk dari sektor tourism.

“Karenanya ada konsentrasi kita, meningkatkan kualitas destinasi wisata di Kecamatan Tomohon Utara dan Selatan. Selain itu, potensi wisata agrokultural kita di Tomohon Timur juga cukup menjanjikan, tinggal perlu dipoles lagi. Lebih-lebih, kita punya iven TIFF tiap tahunnya, yang mampu menarik animo wisatawan mancanegara,” urainya.

Senada, Kepala Dinas Pariwisata Daerah Kota Tomohon Masna Pioh menambahkan selain perbaikan sarana dan infrastruktur penunjang. Pihaknya pun gencar mendorong peningkatan skill para pekerja dan pelaku usaha di bidang jasa.

“Paling tidak attitude-nya wajib dibuat lebih halus lagi, tahu sendiri kan logat timur kita bagaimana?. Ini yang perlu diperbaiki, paling tidak bisa seperti di Jawa atau Bali,” tukasnya. (tr-04/jul).

Kirim Komentar