20 Apr 2019 15:31

Kepala Disdukcapil: Tak Ada WNA di Bolmong

MyPassion
Iswan Gonibala

MANADOPOSTONLINE.COM---Sampai saat ini di Kabupaten Bolmong tidak pernah didatangi Warga Negara Asing (WNA) terkait pengurusan KTP.  "Jika suatu saat ditemukan adanya KTP WNA berarti ada pemalsuan data, karena di Bolmong sampai saat ini tidak ada kepengurusan terkait KTP WNA," ungkap Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Bolmong Iswan Gonibala.

Menurutnya, WNA tidak dilarang dalam pembuatan atau memiliki KTP. Karena Undang-undang yang memperbolehkan. “Jadi tidak ada larangan WNA memiliki KTP," ujarnya. 

Dia menjelaskan, bedanya KTP WNI dan WNA yakni, untuk WNI berlaku seumur hidup, sedangkan untuk WNA tidak. “Karena dibatasi waktunya berdasarkan izin tinggal tetap yang diberikan oleh pihak Imigrasi,” katanya.

Dia mengatakan, tak semua WNA bisa memiliki KTP, kecuali sudah mengantongi izin tinggal tetap dari kantor Imigrasi. "KTP yang diterbitkan untuk WNA memiliki blangko sama dengan KTP diterbitkan untuk WNI. Namun, ada beberapa perbedaan, yaitu keterangan asal warga negara dan masa berlakunya," pungkasnya.(cw-03/ite)

Kirim Komentar