19 Apr 2019 08:16

138 PNS Bermasalah Hukum, Wagub: Ini Fenomena Gunung Es

MyPassion
Steven Kandouw

MANADO—Sebanyak 138 Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) tersangkut masalah hukum. Hal ini dibeberkan Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw, Kamis (18/3).

 

"Menurut saya ini fenomena gunung es. Jadi yang tertangkap itu 138 PNS. Namun di bawah itu, masih banyak lagi yang belum ketahuan. Jika ada PNS kita yang tersangkut dan telah memiliki putusan. Maka itu akan kita pecat secara tidak terhormat," tegasnya.

Untuk menekan adanya berbagai penyelewengan yang dilakukan PNS, maka menurut Kandouw, pemerintah telah libatkan semua unsur mulai dari kejaksaan, KPK, kepolisian, dan Kemendagri untuk membasmi semua penyimpangan.

"Jadi kurang salah sendiri di sistem yang sudah transparan ini terus masih ada PNS yang coba-coba nakal. Jika ketahuan ada pungli atau berbagai tindakan penyelewengan, maka kita akan biarkan kejaksaan serta KPK yang mengusut. Nanti kalau sudah ada putusan, kita dan Mendagri akan langsung menindaklanjuti," urainya.

Dirinya mengingatkan agar semua PNS yang bekerja di pemprov serta 15 kabupaten/kota agar terus bekerja jujur. Menurutnya, semua kinerja yang dilakukan PNS, berada dalam pengawasan berbagai pihak seperti KPK dan kejaksaan.

"Kalau bekerja jujur saya sebagai pimpinan akan mati-matian membela. Namun jika coba-coba nakal, maka itu kita serahkan ke pihak yang berwajib. Silahkan pilih mana yang terbaik untuk diikuti. Kan semua kinerja kita juga dipantau. Jika ada kejanggalan, maka mereka akan langsung mengetahui. Jadi saya harap, semua PNS dapat terus bekerja dengan jujur," tutupnya. (***)

Kirim Komentar