18 Apr 2019 08:25
Vanda-FER-Hillary Ketat

Adriana-Jerry Kans Tembus Senayan

MyPassion

Dia mengajak seluruh jajaran partai dan simpatisan untuk tetap fokus pada pengamanan hasil suara. “Yang terpenting adalah mengawalnya,” tukas Wakil Bupati Minsel ini.

Selanjutnya, juru bicara Partai Golkar Sulut Feryando Lamaluta menuturkan pihaknya masih menunggu hasil hitungan cepat yang masih berlangsung. “Saya belum bisa berkomentar banyak. Yang pasti Golkar akan mengutus wakil ke Senayan,” tegasnya.

Dari data yang dihimpun Manado Post, di Mitra Adriana unggul 3.343 suara dari para rivalnya. Sementara dalam perhitungan sementara di Kota Manado, suara Ketua Komisi III DPRD Sulut ini sudah mencapai 2.105. Dan data ini masih sebagian kecil.

Selanjutanya Herson Mayulu menang besar di Bolmong Raya. Khusus di Kotamobagu, Mayulu mendapat 2.354 suara. Jauh meninggalkan rekan-rekan separtainya. Selanjutnya Jerry Sambuaga di Kota Manado, untuk hasil sementara sudah meraih 1.050 suara. Suara Jerry pun cukup banyak di Bolmong Raya.

Melihat nama-nama ini yang mendominasi suara DPR RI, dinilai pengamat politik Dr Valentino Lumowa popularitas dan elektabilitas mereka memainkan peran signifikan dalam keterpilihan faktual saat ini.

Lanjutnya, keterpilihan tersebut merupakan ekspresi dari kapitalisasi elektabilitasi yang didorong dan dipelihara oleh sistem dan mekanisme partai yang secara internal dijamin dinamikanya.

"Hal ini juga ditunjang oleh peliputan dan sosialisasi masif melalui media massa. Dalam hal ini, peran lembaga survei untuk mengkalkulasi dan mematri tonggak capaian setiap partai dan caleg dalam eskalasi elektabilitas mereka tidak bisa dianulir,” sebutnya.

“Pentingnya peran partai politik dengan sistem dan mekanisme teruji. Serta media massa yang masif dan terpercaya publik seharusnya menjadi pesan penting proses politik ini," ujarnya.(***)

123
Kirim Komentar