16 Apr 2019 10:33

INFO PENTING!! Pukul 13.00 Bukan Batas Akhir Pencoblosan

MyPassion
Irjen Pol Sigid Tri Hardjanto

MANADOPOSTONLINE.COM---INI PENTING.Pemilu dan Pilpres 17 April esok, pukul 13.00 BUKAN BATAS AKHIR PENCOBLOSAN atau pemungutan suara.

Tapi, jam tersebut Ketua KPPS mengumumkan bahwa pemilih yang sudah tercatat dan sedang menunggu giliran mencoblos, serta telah hadir dan dalam antrean mencatat kehadiran, adalah pemilih yang diperbolehkan memilih.

“Ini sesuai Pasal 46 Peraturan KPU No 9/2019,” kata Irjen Pol Sigid Tri Hardjanto di Jarod, tadi pagi. Menurutnya, aturan ini berbeda dengan Pemilu atau Pilkada sebelum-sebelumnya.

Ia menambahkan, regulasinya memang dinamis. Petugas keamanan, hari ini sudah diterjunkan ke seluruh TPS. “Kita sudah tempel di seluruh TPS tentang aturan baru ini,” katanya didampingi Wakapolda Brigjen Pol Karyoto.

Irjen Sigid ikut mewarning KPPS agar menjalankan benar Pasal 46 PKPU 9/2019 ini. Sebab bila melanggar, akan dikenakan sanksi pidana Pasal 510 dan 517.

“Pasal 510 setiap orang yang dengan sengaja menyebabkan seseorang kehilangan hak pilih dipidana penjara dua tahun. Dan Pasal 517, setiap orang yang dengan sengaja menggagalkan pemungutan suara, dipidana penjara lima tahun,” tegasnya.

Hari ini, Kapolda Sigid, Ketua KPU Sulut Ardiles Mewoh dan Ketua Bawaslu Sulut Herwyn Malonda akan melihat sejumlah TPS.(*)

Kirim Komentar