16 Apr 2019 11:26

Dispar Tantang Orang Manado Jadi Tour Guide Turis Tiongkok

MyPassion
Lenda Pelealu

MANADOPOSTONLINE.COM—Kunjungan pariwisata di Kota Manado setiap tahun meningkat. Tetapi tour guidenya banyak dari luar Sulut. Hal ini terungkap dalam Sosialisasi Sadar Wisata dan Pemaparan Program Pembangunan Kapasitas Masyarakat, di Hotel Peninsula Manado, kemarin.

 

Kepala Dinas Pariwisata Lenda Pelealu mengatakan, karena banyak tour guide dari luar, dia menantang warga Kota Manado yang baru menyelesaikan studi untuk menjadi tour guide bahasa Mandarin. “Karena kunjungan turis Cina di Sulut paling banyak. Mencapai 85 persen dari jumlah kunjungan turis  di Kota Manado,” ujarnya.

Dia juga mengatakan, gaji tour guide dalam dua minggu bisa mencapai Rp 7 jutaan. Sedangkan gaji PNS tidak sampai begitu. “Kami berharap bagi warga Kota Manado dapat memanfaatkan ini. Tidak beriming-iming menjadi PNS,” katanya.

Dia juga mengungkapkan, industri pariwisata di Kota Manado sangat penting untuk pembangunan. Karena di Kota Manado tidak memiliki tambang maupun pabrik. Jadi industri pariwisata menjadi andalan. Apalagi Manado memiliki objek wisata dunia. Seperti Bunaken, Siladen dan Gunung Tumpa. “Ini yang kita jual untuk menarik wisatawan. Juga memperbanyak iven di Manado agar para wisatawan tidak jenuh,” ungkapnya.

Menurut dia, industri pariwisata memberikan multiplier effect ke masyarakat. Karena semakin banyak orang datang di Kota Manado, maka banyak juga orang berbelanja. Sehingga ini menggerakkan semua sektor. “Ini juga dapat meningkatkan ekonomi di Kota Manado dan masyarakat,” pungkasnya.(ite/gel)

Kirim Komentar