16 Apr 2019 08:17
Hari Ini Patroli Skala Besar TNI/Polri

26 Ribu Pasukan Siaga di Sulut

MyPassion

MANADOPOSTONLINE.COM—TNI dan Polda Sulut diminta siaga. H-1 jelang pemungutan suara Pemilu, 26.579 pasukan harus siap menghadapi berbagai potensi kerawanan. Data diperoleh dari Biro Ops Polda, total personel pengamanan yang dilibatkan dalam pengamanan tempat pemungutan suara (TPS), terdiri dari 5.584 personel kepolisian, 3.100 prajurit TNI, dan 17.895 Linmas.

 

Terbaru 1.919 personel dikumpulkan di Mapolda Senin (15/4) kemarin. Polda menggelar apel pergeseran pasukan (Serpas) untuk pengamanan TPS.

Personel tersebut merupakan jumlah pengamanan yang dilibatkan dalam pengamanan Pemilu, yaitu siaga Mako Polda, siaga Brimob, pengamanan di KPUD, pengamanan di Bawaslu dan pasukan BKO ke wilayah.

Khusus personel yang di-BKO-kan ada 1.225, yang disebar di seluruh Polres/ta jajaran Polda Sulut, untuk membantu pengamanan bersama personel Polres/ta jajaran.

Wakapolda Sulut Brigjen Pol Karyoto yang memimpin apel mengatakan, BKO adalah tugas yang sangat khusus. “Walaupun di situ kita mau stand by, mau duduk dari pagi sampai malam, ya itu tugasnya. Lebih baik kita duduk dari pagi sampai malam dari pada ada kejadian. Lebih baik kita siaga, bersiap menghadapi hal-hal yang tidak kita inginkan,” tegas Brigjen Karyoto.

Lanjutnya, personel pengamanan saat tiba di TPS agar langsung berkoordinasi dengan KPPS. “Pada prinsipnya kita menjadi pengawas dalam hal keamanan dan ketertiban, bukan menjadi juri,” tegasnya lagi.

Karyoto berharap, mudah-mudahan seluruh proses Pemilu dapat dijalankan dengan aman, lancar dan damai. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pengecekan pasukan oleh para karo, direktur dan kabid yang bertindak selaku Pamatwil untuk masing-masing wilayah tugas pengamanan, yang dipantau langsung Kapolda Sulut Irjen Pol Sigid Tri Hardjanto. Untuk personel yang di-BKO-kan ke Kabupaten Sangihe, sudah diberangkatkan sore kemarin dengan kapal laut melalui Pelabuhan Manado.

12
Kirim Komentar