15 Apr 2019 15:29

Pencairan ADD dan DD di Minahasa Masih Berproses

MyPassion
Jeffry Sajow

MANADOPOSTONLINE.COM---Panitia APBdes Kabupaten Minahasa terus menggenjot evaluasi pengurusan berkas bagi sejumlah desa di Minahasa. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Jeffry Sajow menyebutkan, tim evaluasi APBdes Kabupaten sebelumnya telah menerima berkas dari desa yang sudah lengkap.

 

"Setiap desa wajib memasukkan proposal APBdes-nya lewat kecamatan, kemudian diteruskan ke panitia kabupaten. Dari pengurusan APBdes, setiap desa jika berkasnya sudah dimasukan, panitia akan mengevaluasi dan jika telah sesuai prosedur, kemungkinan proses pengurusan pencairan DD dan ADD mereka bakal di percepat," sebut Sajow, Minggu (14/4).

Lanjut dirinya menjelaskan, panitia APBdes tak hanya dari Dinas PMD saja. Dikatakannya yang mengevaluasi berkas dari desa antara lain Dinas PMD, Bagian Hukum, Dinas PU, Badan Keuangan, Bappelitbang dan Pendamping desa.

"Dimana tim ini, bakal memeriksa proposal sejumlah desa yang sudah dimasukan. Dan jika sudah lengkap, proses pencairan bakal dipercepat. Sebaliknya, apabila belum lengkap akan dikembalikan. Pak Bupati telah menginstruksikan kepada desa-desa agar pengurusan APBdes di percepat, tapi sesuai prosedur yang berlaku," jelasnya.

Lebih jauh, disampaikan, pada prinsipnya semua persyaratan administrasi harus dilengkapi oleh pemerintah desa.

"Intinya berkas desa yang bakal dimasukan harus lengkap, supaya proses pencairan DD dan ADD dapat disalurkan secepatnya," tandasnya.(tr-03/jul)

Kirim Komentar