15 Apr 2019 13:30
Sanksi Pidana Menanti Caleg yang Kampanye di Medsos

Masuk Masa Tenang, Masih Banyak APK Terpasang di Manado

MyPassion
Ilustrasi APK.(Dok Manaso Post)

MANADOPOSTONLINE.COM—Tahapan Pemilu sudah masuk masa tenang, Minggu (14/4) kemarin. Tetapi Alat Peraga Kampanye (APK) masih banyak terpasang di Kota Manado.

Koordinator Divisi Pengawasan, Humas dan Hubla Bawaslu Taufiq Bilfaqih mengatakan, selama masa tenang Bawaslu tetap melakukan penertiban sebagaimana terjadwalkan. “Kami Bawaslu sebelum masa tenang sudah mengirimkan surat ke parpol-parpol menertibkan APK. Kalau tidak ditindaklanjuti, kami akan eksekusi. Sesuai surat edaran Bawaslu RI terbaru, melakukan pengawasan sekaligus penertiban," ucap Bilfaqih.

Menurut dia, pihaknya akan menggandeng Satpol-PP. Melakukan penertiban. Karena ada kaitan dengan bilboard yang masih terpasang. “Penertiban sebenarnya tidak harus dengan Satpol-PP. Bawaslu bisa melakukan sendiri. Tetapi karena ada bilboard yang masih terpasang, kami harus koordinasi dengan Satpol-PP,” katanya.

Sementara untuk kampanye di media sosial (medsos) katanya, selama akunnya bukan resmi milik tim kampanye tidak bisa dipermasalahkan. "Paling sekadar imbauan tidak melakukan pencitraan sebab tidak ada sanksi hukum,” ujarnya.

Dia mengatakan, pihaknya terus mengawasi akun resmi milik peserta pemilu atau yang terdaftar di dalam akun resmi KPU. “Jika melakukan kampanye di luar jadwal, sanksinya masuk dalam pidana Pemilu," jelasnya.

Dia menambahkan, sebagaimana pernyataan Bawaslu RI tidak mempersoalkan ada rakyat-rakyat secara umum memposting caleg-caleg tertentu. Tetapi ketika akun resmi caleg bersangkutan yang secara resmi terdaftar di KPU terus melakukan kampanye. “Maka dikategorikan melakukan kampanye di luar jadwal, sanksinya pidana Pemilu," pungkasnya.

Terpisah, Koordinator Divisi Hukum, Penindakan, Penyelenggara dan Penyelesaian Sengketa Marwan Kawinda mengatakan, tidak ada sanksi administrasi dan pidana bagi parpol yang calegnya tidak menurunkan APK. “Tapi hanya sanksi moral. Karena sekarang sudah masuk masa tenang dan sudah menjadi kewajiban parpol dan caleg menurunkan APKnya. Kami juga akan merilis parpol dan caleg yang tidak menurunkan APKnya setelah selesai penertiban,” pungkasnya. (ite/gel)

Kirim Komentar