15 Apr 2019 09:04

Kualitas Tuna Ekspor Ditingkatkan

MyPassion
Ilustrasi

MANADOPOSTONLINE.COM—Ekspor Tuna tahun ini terus ditingkatkan. Karena Tuna paling bernilai ekonomis. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Daerah (DKP) Sulut Ronald Sorongan, kemarin.

 

Jalur ekspor ikan ke beberapa negara juga tahun ini meningkat. Apalagi dengan terbukanya jalur ekspor Tuna ke Serbia. Hal ini dinilainya, sangat bagus dalam perbaikan ekonomi daerah.

"Rencana Pak Gubernur untuk ekspor Tuna ke Serbia sudah mulai kita lakukan. Berbagai pengurusan izin juga sudah mulai, namun yang diekspor yang kualitasnya paling bagus. Jadi memang kita mendorong agar terus ditingkatkan produksinya. Yang pasti, tahun ini ekspor daerah dari sektor perikanan bakal naik. Kita harapkan, jumlah produksi akan mampu sesuai dengan permintaan pasar," tuturnya.

Namun dirinya mengatakan, penangkapan Tuna ini tidak boleh secara berlebihan. Sorongan mengatakan, yang paling penting adalah kualitasnya bukan jumlah. Hasil perikanan khususnya Tuna yang diekspor ke Serbia juga masih harus melihat harga pasaran. Jika memang harga terus stabil maka jumlah akan ditingkatkan.

"Kan kita lihat dulu, kalau harganya lebih mahal dari Jepang berati kita fokus di Jepang. Di Serbia, kita sudah mulai meningkatkan minat makan Tuna. Dan ikan dari kita yang dipromosikan di sana. Kalau fokus, kita harus melihat harga pasaran dahulu. Jika memang harga terus stabil, maka produksi Tuna bakal kita tambah. Kan banyak negara yang meminta Tuna dari kita. Yang pasti, harga harus sesuai," ujarnya. (tr-02/can)

Kirim Komentar