15 Apr 2019 15:04

Kekurangan Tenaga Medis, Pemkab Boltim Dapat Tambahan Empat Dokter Nusantara

MyPassion
Muhammad Assagaf

MANADOPOSTONLINE.COM—Sampai sekarang Kabupaten Boltim kekurangan tenaga medis, khususnya dokter, perawat dan apoteker.

 

Sekkab Boltim Muhammad Assagaf mengatakan, untuk mengisi kekurangan tenaga medis, Pemkab Boltim akan ketambahan empat dokter nusantara yang akan dibiayai oleh pemerintah pusat melalui Anggaran Belanja dan Pendapatan Negara (APBN). “Gaji dokter nusantara ini akan ditanggung APBN.  Mereka akan dirolling setiap tiga bulan kerja,” katanya.

Menurut dia, saat ini Boltim merupakan daerah yang kekurangan tenaga kesehatan. Sebab, pada rekrutan CPNS lalu tidak ada pelamar yang masuk. "Boltim sangat membutuhkan dokter. Khususnya dokter gigi dan umum. Sehingga pemerintah pusat memberikan empat dokter nusantara," jelasnya.

Di sisi lain, Kadis Kesehatan Boltim Eko Marsidi mengatakan, tidak hanya dokter yang dibutuhkan, tetapi juga perawat dan apoteker. Dia menuturkan memang jumlah tenaga medis di Boltim masih sangat sedikit. Bahkan tidak seimbang antara pasien dan tenaga kesehatan. "Jika dokter nusantara akan bertugas di Boltim, itu menjadi langkah baik untuk mengantisipasi kekurangan dokter," katanya.

Eks Kabag Humas itu pun menekankan, saat ini Boltim telah memiliki tujuh Puskesmas yang tersebar di beberapa wilayah. Artinya bangunan kesehatan sudah memadai hanya saja tenaga ahlinya yang belum cukup. "Semoga saja dokter nusantara akan segera bertugas di Boltim dan bisa memberikan pelayanan yang baik. Karena sehatan adalah hal yang paling penting," tandasnya.(tr-01/ite)

Kirim Komentar