15 Apr 2019 09:08

Kekuatan Militer Kodam Merdeka Makin Kuat

MyPassion
Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Tiopan Aritonang, Sabtu (13/4) menutup Dikmata TNI AD Gelombang II TA 2018.

MANADOPOSTONLINE.COM—Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XIII/Merdeka Mayjen TNI Tiopan Aritonang memimpin upacara penutupan Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) TNI AD Gelombang II TA 2018. Bertempat di lapangan upacara Mako Rindam XIII/Merdeka Tomohon, Sabtu (13/4).

Pangdam mengucapkan selamat atas keberhasilan siswa catam dalam menyelesaikan pendidikan pertama atau pendidikan pembentukan prajurit AD.

“Acara pelantikan pada hari ini tentunya menjadi suatu kebanggaan tersendiri, tidak hanya bagi para prajurit Tamtama yang baru dilantik, tetapi juga bagi para orangtua/wali beserta keluarga. Namun tetap harus diingat bahwa apa yang telah kalian capai ini baru awal dari perjalanan karir militer,” ujar Pangdam.

Lebih lanjut Pangdam memberikan penekanan kepada para prajurit tersebut tentang status dan kedudukannya, “Perlu saya tekankan bahwa mulai saat ini kalian adalah seorang prajurit TNI tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional dan tentara profesional. Pedomani dan amalkan Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI dalam setiap gerak dan langkah, baik dalam kehidupan keprajuritan maupun dalam bermasyarakat. Pegang teguh sikap disiplin dan komitmen patuh terhadap hukum. Jaga kehormatan diri sebagai seorang prajurit Angkatan Darat,” lanjut Pangdam Tiopan.

Pada kesempatan itu pula Panglima mengungkapkan bahwa setelah ini, siswa ini akan diberikan kesempatan untuk cuti pendidikan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, kemudian harus segera mempersiapkan diri guna mengikuti pendidikan tahap kedua.

“Perhatikan faktor keamanan. Jaga kebugaran selama melaksanakan cuti agar fisik kalian tetap prima dan jaga nama baik TNI, karena saat ini kalian sudah menjadi seorang prajurit Angkatan Darat”, Tutur Pangdam.

Sebelum mengakhiri sambutannya, panglima menyampaikan ucapan terima kasih semua yang terlibat. “Kepada para orangtua/wali, saya ucapkan terima kasih atas dukungannya sehingga seluruh mantan prajurit siswa secata TNI AD Rindam XIII/Merdeka dapat fokus menyelesaikan seluruh kurikulum pendidikan dengan baik. Kepada aparat pemerintah daerah beserta segenap warga masyarakat di sekitar tempat latihan, saya ucapkan terima kasih atas kerjasamanya dan mohon maaf atas segala gangguan maupun perilaku prajurit saya yang tidak berkenan di hati saudara-saudara sekalian”, tutup Pangdam.

Kegiatan ini ditandai dengan pengambilan sumpah sebagai prajurit TNI kepada 283 siswa, pemberian ijazah, penyematan tanda pangkat Prajurit Dua (Prada), dan pengalungan medali kepada perwakilan siswa terbaik.(gnr)

Kirim Komentar