15 Apr 2019 08:44

Jokowi Umroh, Prabowo Ziarah

MyPassion
Prabowo tertunduk di pusara makam ibunya. Foto lain Jokowi bertemu Raja Arab Saudi Raja Salman, kemarin. (Dhaniwirianata/Joko Widodo/instagram)

MANADOPOSTONLINE.COM—Capres Joko Widodo dan Prabowo Subianto mengisi masa tenang dengan beragam kegiatan. Jokowi, usai debat terakhir, dini harinya langsung menuju Tanah Suci Mekah, untuk menjalankan ibadah umrah.

Sebagai Kepala Negara, Jokowi dan istri pun diundang oleh Raja Arab Saudi Raja Salman, untuk bertemu. Jokowi bersama Raja Salman pun menggelar pertemuan bilateral di Istana Pribadi Raja (Al-Qasr Al-Khas), Minggu sore (14/4).

Dalam pertemuan yang berlangsung selepas jamuan santap siang itu, Presiden ketujuh RI dan Raja Salman sepakat akan meningkatkan kerja sama di bidang ekonomi antara kedua negara.

“Presiden Jokowi dan Raja Salman sepakat ke depan, kerja sama ekonomi akan terus ditingkatkan terutama di bidang energi dan pariwisata,” kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi seusai pertemuan.

Dalam pertemuan itu, Jokowi juga menyampaikan apresiasi dari seluruh masyarakat Indonesia atas diberikannya kuota tambahan kembali sebesar 10.000 bagi jemaah haji RI.

“Raja Salman juga menyampaikan apresiasi yang tinggi atas kepemimpinan Indonesia di dalam menjaga stabilitas kawasan dan dunia. Dari pembicaraan tadi tampak sekali kedekatan antara kedua kepala negara,” lanjut Retno.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan bilateral tersebut antara lain Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel, dan Staf Khusus Presiden Abdul Ghofarrozin.

Sementara itu, Calon Presiden Prabowo Subianto mengisi kegiatan masa tenang kampanye dengan berziarah ke makam ayahnya, Soemitro Djojohadikusumo, di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Karet Bivak, Jakarta Selatan, Minggu (14/4).

Dengan menggunakan kemeja putih bercelana hitam, Prabowo khusyuk memanjatkan doa di pusara makam ayahnya. Sedangkan Calon Wakil Presiden Sandiaga Salahuddin Uno, melakukan ibadah umroh ke kota suci Makkah Arab Saudi untuk mengisi kegiatan sebelum hari pencoblosan di pemilu 2019 ini. Sandiaga ditemani oleh kerabat-kerabat terdekatnya.

Direktur Luar Negeri Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Irawan Ronodipuro menjelaskan bahwa kegiatan ziarah itu merupakan aktivitas rutin Prabowo di sela senggangnya.

"Untuk mengisi waktu masa tenang kampanye ini, Pak Prabowo melakukan ziarah ke makam ayahnya yakni Pak Soemitro di TPU Karet Bivak. Kegiatan ziarah ini memang rutin dilakukan oleh Pak Prabowo untuk memanjatkan doa kepada almarhum orang tuanya, dan ini adalah tradisi yang kerap dilakukannya," ujar Irawan melalui keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (14/4) dilansir dari CNNIndonesia.

Berbeda dengan Prabowo, Sandiaga meluangkan waktunya di masa tenang kampanye dengan bertolak ke Arab Saudi untuk beribdah umroh. Irawan mengatakan Sandi sudah merencanakan kegiatan umroh sejak jauh hari. Sandi di Makkah berdoa meminta kelancaran dan kemudahan dalam menghadapi Pemilu 2019.

"Untuk Pak Sandiaga Uno beliau melakukan ibadah umroh di tanah suci Makkah. Disana pak Sandiaga memohon kepada Allah SWT agar bangsa Indonesia selalu dijaga dan dilindungi serta dijauhkan dari perpecahan. Sehingga bangsa Indonesia selalu bersatu membangun negara," kata Irawan.(gnr)

Kirim Komentar