15 Apr 2019 15:31
Lontaan: Tahun Ini, Sembilan Ruas Siap Diperbaiki

Jalan Provinsi di Minahasa Rusak Berat

MyPassion
Nofry Lontaan

MANADOPOSTONLINE.COM---Keprihatinan terkait kondisi jalan di Kabupaten Minahasa terus berdatangan dari beberapa pihak. Menurut sejumlah masyarakat potensi yang dimiliki Minahasa belum didukung oleh infrastruktur jalan yang berkualitas.

 

Marvi Sumajouw, warga DesaTanawangko menyebutkan, tidak hanya ruas jalan kabupaten, jalan provinsi juga masih buruk. Seperti halnya kata, dia ruas jalan provinsi Tanawangko-Tomohon yang kondisinya memprihatinkan dan rusak parah.

"Kondisi jalan rusak ini sudah berlangsung cukup lama. Apa pemerintah sampai sekarang belum pernah melewati jalur ini?," tanya dia.

Dirinya pun meminta agar Pemerintah Kabupaten Minahasa bersama Gubernur Sulut Olly Dondikambey untuk memperbaiki akan ruas jalan antara Tanawangko-Tomohon tersebut.

"Kerusakan terparah berada di ruas jalan antara Desa Sarani dan Lemoh Kecamatan Tombariri Timur. Ada ratusan lubang menganga ditemui di ruas jalan itu. Disamping rusak, ruas jalan sangat sempit dan sangat membahayakan pengguna jalan. Sudah banyak korban jiwa di jalur itu," ungkapnya.

Hal yang sama disampaikan Hukum Tua Desa Kembes Satu Audy Kindangen, dirinya meminta agar pemerintah bisa memperbaiki ruas jalan Manado-Tondano yang melalui Kecamatan Tombulu.

"Ruas jalan ini semakin ramai dilalui warga. Untuk itu kami minta pemerintah untuk terus memperbaiki. Karena masih cukup banyak kerusakan yang dapat membahayakan pengguna jalan," harapnya sembari menambahkan bahwa ruas jalan tersebut juga sudah kerap kali merenggut nyawa pengguna jalan.

Mengenai keluhan tersebut, Plt Kepala Dinas PUPR Minahasa Nofry Lontaan ST mengatakan, terhadap ruas jalan provinsi yang rusak, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pemprov.

"Pada setiap Musrembang Provinsi, sudah kami usulkan beberapa ruas jalan seperti Tanawangko-Tomohon dan Manado-Tondano. Baru-baru ini juga pak Bupati sudah mengusulkan ke pemerintah provinsi," ungkapnya.

Untuk itu diharapkannya, semoga tahun ini sudah ada perbaikan. Ia mengungkapkan ada sekira sembilan ruas jalan provinsi yang diusulkan untuk dilakulan perbaikan.

"Ada sembilan yang kita sampaikan ke Dinas PUPR Provinsi, agar bisa diperbaiki. Karena masuk kewenangannya," tandas Lontaan.(tr-03/jul)

Kirim Komentar