15 Apr 2019 08:51
Bisa Coblos di Rumah dan TPS

Cerita Kawanua Pesta Demokrasi di Luar Negeri

MyPassion
Duta besar Indonesia untuk Cina dan Mongolia Djauhari Oratmangun usai pencoblosan. Foto lain warga Sulut di Australia Merry Ellysabet Angkouw setelah mencoblos.

Kawanua yang ada di luar negeri ikut melakukan pencoblosan surat suara, Sabtu (13/4). Bagaimana suasananya? Berikut wawancara Manado Post dengan orang Sulut yang tinggal di Australia, Jepang, dan Cina.

DICERITAKAN Merry Ellysabet Angkouw, WNI di wilayah Australia Barat itu, sangat antusias mengikuti Pemilu 2019. “Bahkan melebih pemilu sebelumnya,” ujar keke Tondano yang adalah Sekretaris Kawanua Perth ini, diwawancarai tadi malam.

Merry, sapaan akrabnya menuturkan, ini kali pertama dia ikut pemilu di luar negeri. Sejak tahun lalu, sudah ada sosialisasi ke dirinya dan WNI lain di Perth terkait dokumen apa saja yang harus disiapkan agar bisa ikut pesta demokrasi meskipun di negeri orang.

“Prosesnya mudah dan tidak ribet karena sudah disosialisasikan terlebih dahulu bagaimana cara dan dokumen apa saja yang dibutuhkan. Untuk dokumen hanya passport, KTP dan alamat tempat tinggal yang harus dibuktikan dengan surat atau billing atas nama kita dan sesusai dengan alamat tempat tinggal,” jelas perempuan yang telah beraktivitas di Perth selama empat tahun terakhir.

Ibu tiga anak ini, diketahui menyalurkan hak suaranya di TPS 16, di Cannington Hall, Albany High Way. KJRI Perth diketahui, bekerja sama dengan Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN), menghadirkan 18 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di tujuh lokasi di Australia Barat. “Suasana di TPS Aman dan teratur. Tidak bedah jauh dengan cara dan aturan di TPS Indonesia,” ungkapnya.

Lanjutnya, WNI di Perth antusias karena mayoritas mendukung paslon presiden dan wapres 01. “Jadi ada yang di pemilu sebelumnya golput, sekarang rela jauh-jauh harus datang ke TPS. Banyak dari teman dan warga Indonesia di sini menilai ini pemilihan presiden terdahsyat. Semua semangat dan sangat antusias ke TPS,” bebernya.

123
Kirim Komentar