15 Apr 2019 14:47

Bupati Sitaro: Desa Wajib Rencanakan TPU

MyPassion
Evangelian Sasingen

MANADOPOSTONLINE.COM---Ketersediaan lahan sebagai Tempat Pemakaman Umum (TPU), di Kabupaten Kepulauan Siaro, masih menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah. Pasalnya, hingga saat ini, masih banyak masyarakat yang melakukan pemakaman di sekitar pekarangan rumah. Saat diwawancarai Bupati Sitaro Evangelian Sasingen mewajibkan setiap desa untuk dapat memanfaatkan lahan yang ada sebagai TPU.

"Sebab hingga saat ini maraknya pemakaman yang masih dilakukan di sekitar pekarangan rumah perlu diseriusi. Karena dari segi penataan serta kesehatan, kubur yang berada di sekitar tempat tinggal tentu tidak direkomendasikan Untuk itu kita terus mendorong pemerintah desa, maupun kelurahan, agar membuat TPU per kampung maupun kelurahan. Selain itu, pembuatan TPU, harus digenjot agar dapat disosialisasikan," bebernya.

"Sebab, Dandes, maupun ADD, bisa diperuntukan guna membuat lahan pekuburan. Karena ini juga, merupakan program yang sangat dibutuhkan masyarakat di tiap kampung, yang selama ini, karena keterbatasan lahan, hanya melakukan penguburan di sekitar halaman rumah saja," jelasnya.

"Untuk itu TPU, kalau bisa dimasukan dalam program prioritas kampung. Segera direalisasikan, karena kebutuhan TPU sangat mendesak," tutupnya.(drp/jul)

Kirim Komentar