15 Apr 2019 15:27

Bupati Mitra: 1.532 Sertifikat Tanah Jangan Digadaikan

MyPassion
Bupati Mitra James Sumendap usai penyerahan sertifikat tanah secara simbolis, akhir pekan lalu.(Dok. Pemkab)

MANADOPOSTONLINE.COM—Sebanyak 1.532 sertifikat pelaksanaan pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) dibagikan, Jumat (14/4). Kali ini giliran empat kecamatan, masing-masing Touluaan, Pasan, Ratahan Timur, dan Belang menerima sertifikat.

Pembagian sertifikat diberikan langsung Bupati James Sumendap dengan disaksikan Kepala Kantor Badan Pertahanan Nasional (BPN) Sulut Freddy Kolintama, Ketua DPRD Marty Ole, di Sport Hall Kantor Bupati.

Kepala Kantor BPN Mitra Elen Senduk mengatakan, penyerahan ini diberikan kepada masyarakat yang memiliki lahan dan sudah mengajukan permohonan sertifikat hak atas tanah melalui lurah/hukum tua masing-masing. "Pelaksanaan PTSL ini merupakan program tahun 2018. Dengan Kabupaten Mitra mendapat target 2.400 bidang sertifikat hak atas tanah dengan 27 lokasi desa/kelurahan dari 5 kecamatan masing-masing Touluaan 152, Pasan 677, Ratim 62 dan Belang 651. Namun terpenuhi 2.345 Bidang dari 2.400 bidang," katanya.

Sementara Bupati James Sumendap pada kesempatan tersebut memengatakan ini merupakan program presiden Joko Widodo demi kesejahteraan masyarakat. Menurutnya, sertifikat bukan sekadar hak kepemilikan. Namun dapat membantu dalam mengembangkan kegiatan usaha lainnya dalam rangka peningkatan ekonomi. "Sertifikat ini sangat membantu apalagi gratis. Tapi dibalik itu harus bersyukur dan harus belajar berterima kasih," ucap JS.

Untuk itu, dia berharap sertifikat ini bukan sekadar gagah-gagahan menggadaikan di bank untuk membeli kendaraan atau sebagainya. Tapi untuk kepentingan dalam rangka mengangkat ekonomi keluarga.

"Jadi saya harap setelah menerima sertifikat ini jangan langsung digadaikan di bank. Pemberian sertipikat ini untuk kepentingan kita dalam mengangkat ekonomi keluarga," tandas JS di hadapan penerima sertifikat.(cw-01/gnr)

Kirim Komentar