15 Apr 2019 14:17

2019, Tomohon Kecipratan 4.350 PKH

MyPassion
Grafis.(dok)

MANADOPOSTONLINE.COM—Kabar gembira bagi warga Tomohon. Setelah ditetapkan oleh pemerintah pusat tahun ini, sebanyak 4350 Keluarga Penerima Manfaat bakal menerima bantuan lewat Program Keluarga Harapan (PKH).

 

Kepala Dinas Sosial Kota Tomohon dr Jhon Lumopa mengatakan, program yang dicanangkan guna meningkatkan kualitas hidup masyarakat ini. Nantinya siap disalurkan per tiga bulan.

"Berdasarkan data jumlah penerima terbanyak itu berada di Kecamatan Tomohon Utara sebanyak 1219 KPM (lengkap lihat grafis,red),"ungkapnya.

Sementara untuk Kecamatan Tomohon Timur jadi daerah penerima PKH paling sedikit. Kata Lumopa lagi, penetapan penerima PKH sepenuhnya ditetapkan oleh pemerintah pusat, melalui Kementerian Sosial.

“Prinsipnya kita hanya memasukkan rekomendasi, siapa-siapa yang berhak menerima. Nah, nantinya dari tim penilai Kemensos menentukan, apakah penerima sudah memiliki syarat sesuai dengan poin-poin yang ditentukan,” paparnya

Terpisah, Sekretaris Kota (Sekkot) Tomohon Harold Lolowang menambahkan, kiranya program PKH ini dapat meningkatkan serta membantu KPM memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Jadi tiap bulannya nanti, para KPM akan menerima bantuan melalui kemitraan bersama bank penyalur yang ditunjuk. Tidak berupa uang cash, tapi berupa kartu yang bisa dibelanjakan di outlet-outlet tertentu. Mudah-mudahan bisa meringankan kebutuhan pokok KPM,” ujar dia.

Terpisah Pengamat Politik Charles Tangkau menilai pemberian PKH seyognya tidak dilakukan dalam waktu dekat. Lebih-lebih jika dipolitisir menjadi komoditas mendulang dukungan masyarakat. Ya, kondisi perpolitikan yang tengah panas akhir-akhir ini, semua pihak tentunya diwajibkan untuk antisipasi.

“Jangan sampai bansos atau program-program serupa yang diperuntukkan bagi masyarakat banyak. Jadi momen bagi caleg untuk menuai dukungan, penyelenggara Pemilu atau pengawas wajib mengantisipasi hal ini,” tukas Tangkau.(tr-04/jul)

Kirim Komentar