13 Apr 2019 10:30

Sport Tourism Pacuan Kuda Andalan Sulut

MyPassion
Ketua TP-PKK Sulut Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan menerima hadiah juara satu atas kemenangan kuda MC Kinly di kelas 4 tahun A/B, Jumat (12/4)

MANADOPOSTONLINE.COM—Destinasi wisata olahraga atau sport tourism menjadi andalan Sulut. Sport tourism ini, menurut Gubernur Sulut Olly Dondokambey, akan menjadi daya tarik tersendiri dalam memikat wisatawan. Karena itu, pengembangan serta iven berkuda saat ini terus di fokuskan untuk dilaksanakan di Gelanggang Pacuan Kuda Maesa Tompaso.

"Saat ini memang kita sedang melakukan penataan terhadap destinasi kita. Dan sport tourism ini merupakan hal yang penting. Karena menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan untuk mengunjungi Sulut. Dan tentu Gelanggang Pacuan Kuda Maesa Tompaso ini merupakan salah satu andalan kita untuk destinasi wisata. Saat ini, kita melakukan pengembangan kawasan gelanggang serta memfokuskan iven lokal dan nasional untuk dilaksanakan di Gelanggang Pacuan Kuda Maesa Tompaso," ungkapnya.

Dirinya mengatakan, saat ini Pemprov Sulut memiliki target khusus yakni mendatangkan 15 ribu paket wisatawan setiap bulannya. Karena itu, untuk mewujudkan target tersebut, semua destinasi pariwisata di daerah harus siap. Salah satunya adalah sport tourism, yang menurut OD, tidak semua daerah memiliki dan mampu dikembangkan secara maksimal.

"Kan di Gelanggang Pacuan Kuda Maesa Tompaso ini sudah beberapa kali dilakukan iven skala nasional. Bahkan internasional. Di akhir tahun lalu, piala presiden berkuda di gelar di Sulut. Dan diikuti secara nasional. Juga banyak iven-iven lain. Kita saat ini selalu siap menerima apapun iven yang datang ke Sulut. Apalagi untuk berkuda. Kita bakal siap fasilitasi kegiatannya. Yang pasti, ini merupakan andalan kita dalam mendatangkan 15 ribu paket wisatawan ke Sulut. Dan kita sangat optimis," tuturnya.

Sementara Ketua TP-PKK Sulut Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan mengatakan, kejuaraan pacuan kuda 'Sulut Oaks' yang digelar di Gelanggang Pacuan Kuda Maesa Tompaso, kemarin, untuk mempromosikan pacuan kuda sebagai sport tourism yang berkelas.

"Memang ini kegiatan kita dalam memperingati hari Kartini. Namun juga kan menjadi salah satu bentuk promosi destinasi pariwisata. Tentu Gelanggang Pacuan Kuda Maesa Tompaso sudah berkelas. Karena sudah berapa kali ditunjuk sebagai tuan rumah kejuaraan berkuda skala nasional. Dan tugas TP-PKK dalam membantu pemerintah untuk terus menjual destinasi pariwisata agar dikenal masyarakat luar sehingga menjadi salah satu daya tarik kunjungan wisatawan," tutupnya. (tr-02/can)

Kirim Komentar