10 Apr 2019 14:43

Topang Operasional Ormas, Pemkot Tomohon Gelontorkan 1 Miliar

MyPassion
Ilustrasi.(Istimewa)

MANADOPOSTONLINE.COM---Kabar gembira bagi seluruh Organisasi Masyarakat (Ormas, red) yang berada di Kota Tomohon. Pasalnya, di tahun ini, Pemerintah Kota Bunga siap menggelontorkan anggaran sebesar Rp 1 Miliar guna menopang operasional ormas.

 

Dikatakan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Tomohon Ronnie Lumowa, keseluruhan anggaran tersebut mencakup kegiatan operasional Ormas Keagamaan milik pemerintah, Karang Taruna hingga bantuan bagi seluruh rumah ibadah di Kota Tomohon.

"Sudah termasuk FKUB, Pengurus Karang Taruna, LPM beserta gereja-gereja, mesjid dan rumah ibadah lainnya sampai dengan bantuan sosial."ungkap Lumowa.

Namun, dilanjutkan Lumowa, hingga saat ini belum ada Ormas maupun pengurus lainnya, yang memasukkan permohonan maupun proposal.

"Kebanyakan yang masuk baru dari Karang Taruna, Lembaga Perlindungan Anak, LPM, KNPI yang mengajukan. Sedangkan yang bentukan ormas dari masyarakat tidak ada, padahal berdasarkan mekanisme mereka berhak untuk mendapatkan dana hibah," paparnya

Terpisah, Sekretaris Kota (Sekkot) Ir Harold Lolowang menambahkan, terlambatnya proses pemasukan proposal. Bisa mengakibatkan tidak diprosesnya permohonan bantuan anggaran maupun dukungan pemerintah dalam menopang agenda operasional Ormas yang sudah direncanakan.

"Karena untuk pengajuan proposal ini harus satu tahun sebelumnya. Sebab, dalam proses pemberian anggarannya nanti, masih akan di bahas di DPRD dan perlu persetujuan bersama. maka dari itu kepada ormas-ormas ini agar memasukan proposal sehingga tahun depan mendapatkan dana hibah."Tutupnya.(tr-04/jul)

Kirim Komentar