09 Apr 2019 16:29

Sulut Oaks Jadi Ajang Tarung Kuda Pacu Betina

MyPassion
Kejuaraan kuda pacu Sulut Oaks diharapkan akan berdampak positif pada keberhasilan pengembangan peternakan, pertanian dan pariwisata Sulut. (Istimewa)

MANADOPOSTONLINE.COM—Tanggal 12 April nanti, gelaran kejuaraan pacuan kuda ‘Sulut Oaks’ di Gelanggang Pacuan Kuda Maesa Tompaso akan memperebutkan Piala Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Sulawesi Utara.

Kejuaraan ini dilaksanakan untuk memperingati Hari Kartini 21 April 2019 dan  diprakarsai TP Penggerak PKK Sulut bersama Pemkab Minahasa serta Pengprov Pordasi Sulut.

Dalam Barrier Draw (drawing) di ruang rapat Gelanggang Pacuan Kuda Maesa Sabtu (6/4) lalu, telah ditetapkan kejuaraan ini mempertandingkan 12 kelas dan akan diikuti stable-stable andalan dari Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Jawa Tengah dan DKI Jakarta dengan jumlah kuda pacu yang didaftarkan sebanyak 77 ekor.

Di samping itu, kejuaraan pacuan kuda ‘Sulut Oaks’ akan mempertandingkan juga pacuan roda sapi dan bendi kallaper.

Ketua Umum Pengprov Pordasi Sulut Ferry Wowor menjelaskan, yang menjadi icon kejuaraan pacuan kuda ini adalah di kelas spesial jarak 1.850 m, yang semua pesertanya kuda pacu betina. Setelah memperhatikan BRK-nya, terdapat tujuh kuda pacu yang terdiri dari Maria Carey, Manjusha, Onix Tonsea, Matahari Tonsea, Putri Pintara, Queen Phantom dan Primadona.

“Semua kuda pacu betina tersebut telah memiliki prestasi baik di kejuaraan daerah maupun  pada  kejuaraan nasional seri 1 & 2 tahun 2018 yang lalu. Seperti kuda pacu Maria Carey, Manjusha, Onix Tonsea, Matahari Tonsea dan Primadona,” ungkapnya.

Ditambahkannya, pelaksanaan kejuaraaan pacuan kuda ini diharapkan  dapat dimanfaatkan oleh seluruh lapisan masyarakat  olahraga berkuda di Sulawesi Utara dan pada gilirannya akan berdampak positif pada keberhasilan pengembangan peternakan, pertanian dan pariwisata daerah Sulut.

"Karena keberhasilan  para peternak dan petani serta meningkatnya kunjungan pariwisata akan memberikan dampak nilai ekonomis, kesejahteraan masyarakat dan prestasi olahraga di Suluf yang kita cintai,” tukasnya.(mpo)

Kirim Komentar