07 Apr 2019 08:57

OJK: Arisan Online dan Money Game Bukan Skema Investasi yang Benar

MyPassion
Ilustrasi. (Istimewa)

Manadopostonline.com—Seperti tak ada kapok-kapoknya, penawaran investasi berkedok arisan online, kini semakin marak dan heboh di Sulawesi Utara.

Dengan memanfaatkan media sosial sebagai jembatan penyebarluasan  informasi, tidak sedikit masyarakat yang mulai tergoda untuk mengikutinya.

Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sulutgomalut melalui Kepala Bagian Pengawasan Pasar Modal Industri Keuangan Nonbank (IKNB) dan Edukasi Perlindungan Konsumen (EPK) OJK Sulutgomalut Ahmad Husain mengatakan penting bagi masyarakat untuk mengetahui dan memahami penawaran tersebut.

"Pertama kita harus cermati model bisnis atau skema yang ditawarkan. Tetapi yang jelas ini bukan skema investasi yang benar dan sesuai ketentuan yang diatur oleh OJK," kata Ahmad.

Parahnya, lanjut dia praktik investasi yang penuh jebakan ini, mirip money game di mana uang dihimpun dan dibagikan berdasarkan member yang direkrut.

"Kan caranya semakin banyak member, maka semakin besar keuntungan. Padahal tidak ada produk yang dijual. Ini ciri-ciri investasi bodong. Hal seperti ini memang tidak menjadi ranah pengaturan dan pengawasan oleh OJK. Karena tidak ada lembaga yang mengajukan ijin seperti ini ke OJK," jelasnya sambil menambahkan penghimpunan dana dari masyarakat berpotensi merugikan.

Menurutnya jumlah Rp 100 ribu bukanlah hal yang besar. “Namun penting juga dilakukan edukasi kepada masyarakat agar tidak tertipu, terpedaya, tergiur dan tergoda untuk ikut-ikutan dengan hal seperti ini. Tetapi terkadang masyarakat masih saja ada yang coba-coba siapa tahu menguntungkan. Toh nggak ada ruginya cuma kasih Rp 100 ribu dapat Rp 1,6 miliar. Nah kalau sudah seperti ini bagaimana?" imbuhnya.

Dirinya pun mengharapkan ini bukan hanya menjadi tugas dari OJK, melainkan dari stakeholder bahkan masyarakat untuk lebih cermat lagi. “Menjadi tugas kita semua bukan hanya OJK tetapi sinergi lembaga dan institusi lain untuk mencerdaskan masyarakat," tandasnya.(gab)

Kirim Komentar