06 Apr 2019 08:47

Doyan Tabrak Aturan Kampanye, Bawaslu Godok Temuan Terbaru

MyPassion

MANADOPOSTONLINE.COM—Partai politik dan calon anggota legislatif di Sulawesi Utara masih sering menabrak aturan kampanye. Badan Pengawas Pemilu Provinsi Sulut mencatat, usai penetapan daftar calon tetap (DCT) 2018 hingga 25 Maret tahun ini, ada 6.649 temuan dan laporan dugaan pelanggaran yang masuk.

 

Ribuan temuan dan laporan tersebut, banyak yang telah memiliki kekuatan hukum tetap (incrach), bahkan telah menjadi yurisprudensi se-Indonesia. Komisioner Bawaslu Sulut Mustarin Humagi SHi mengatakan, semua laporan dan temuan di lapangan diproses sesuai regulasi.

“Diharapkan Humagi, mendekati Pemilu 17 April, tidak ada lagi temuan atau laporan yang masuk ke Bawaslu,” sebutnya saat menggelar dialog publik pengawasan Pemilu 2019.

Ditanya terkait adanya pelanggaran pejabat Minahasa yang videonya mulai beredar, ia mengungkapkan tim mereka bersama Bawaslu Minahasa sementara melakukan penyelidikan.

“Senin pekan depan, akan ada putusan dua bupati yang diduga terlibat menggunakan jabatannya untuk memenangkan salah satu calon. Tapi putusannya nanti Senin, apakah memenuhi syarat dan akan diteruskan ke proses lebih lanjut atau tidak,” jelasnya.

Ditambahkan Komisioner Supriyadi Langelu, apapun temuan dan laporan pasti akan diproses sesuai aturan. “Kecuali benar-benar tidak terbukti. Apalagi di Gakkumdu itu ada kejaksaan dan polisi yang bersama-sama dengan Bawaslu dalam memberikan keputusan jika ada laporan atau temuan,” kuncinya.(gnr)

12
Kirim Komentar