04 Apr 2019 15:31

PNM Manado Bekali Nasabah Tomohon-Langowan untuk Sadar Pajak

MyPassion
PNM Cabang Manado gelar PKU di Bali House and Resto Tomohon, Kamis (4/4) siang. Para nasabah diberikan pemahaman terkait pajak. (Wailan/MPO)

TOMOHON — Upaya meningkatkan sinergitas antar Pemodalan Nasional Madani (PNM) Manado dengan para nasabah, diadakan program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU). Bertempat di Bali House and Resto Tomohon, Kamis (4/4) siang, para nasabah diberikan pemahaman terkait pajak. 

Dengan mengusung tema, UMKM turut membangun negeri, tarif pajak setengah persen sepenuh hati diyakini bisa semakin merangsang perekonomian di masyarakat.

Manager Keuangan dan Operasional UlaMM PNM Cabang Manado Finecliff Pangkey menuturkan dilihat fakta historisnya, poros UMKM berkontribusi dalam pembangunan negara lewat setoran pajak.

“Kami berusah memberikan buiannsekedar pemodalam melainkan juga pendampingan bagi para nasabah agar bisa lebih mengembangkan lagi usaha yang ada, agar semakin kuat ke depannya,” jelas Pangkey.

Kegiatan ini juga bertujuan setiap nasabah bisa saling sharing pengalaman bahkan juga usahanya. “Karena dengan rutin berkumpul bisa membuka ruang untuk saling berbagai, siapa tau ada diantara nasabah ini jenis usahanya bisa bekerja sama,” lanjutnya.

Semenata itu, PNM Cabang Manado juga menggandeng KPP Manado untuk memberikan pemahaman terkait pajak. Hadir tim dari KPP Manado dipimpin Fransin Tahapary mengapresiasi sinergitas ini. “Tentunya terima kasih sudah memfasilitasi kami untuk bertemu para nasabah yang merupakan pelaku usaha sehingga program kami bisa sama-sama berjalan. Melalui KPP Manado juga memang memiliki program yang bersinggungan yakni Bussines Development Sistem (BDS) yang menyasar pelaku UMKM. Kami memberikan pendampingan pajak, lewat ini kami menjelaskan pendaftaran diri wajib pajak bagi yang belum memiliki NPWP, penghitungan pajak, pembayaran hingga pelaporan pajak,” terang Tahapary.

Harapannya, kegiatan seperti ini bisa terus terlaksana sehingga bisa menciptakan pelaku isaha wajib pajak yang kuat. “Ke depan kita bisa bersama-sama memberikan pendampingan lainnya seperti pada pembuatan kemasan produk jualan, dan lain sebagainya apalagi kebanyakan nasabah ini bergerak diindustri rumah tangga,” tukasnya. 

Hadir dalam kesempatan tersebut 

Hanni Purwanti  selaku Account Representative tim KPP, 

Agita Wibowo tim Peyuluh KPP Manado, para nasabah wilayah Tomohon dan Langowan juga jajaran PNM cabang Manado.(wam)

Kirim Komentar