04 Apr 2019 09:26
Fun Bike untuk Pemilu Damai

Tempuh 19 Kilometer, Disuguhi Keindahan Alam

MyPassion
Wagub Steven Kandow, Kapolda Sigid Tri Hardjanto, Pangdam Tiopan Aritonang, menyisir jalur fun bike di Minahasa, kemarin. (Dok. Polda)

Di tempat lain, suasana jelang pesta demokrasi Pemilu-Pilpres 17 April 2019 begitu panas. Di Sulut, lebih terasa cair dan bersahabat. Salut untuk Forkopimda dan KPU serta Bawaslu.

 

Laporan: Lerby Tamuntuan, Tondano

RABU (3/4) pagi, Kota Tondano sudah ramai. Di seputaran “Tugu Monas” banyak warga berkumpul. Mereka antusias untuk menyaksikan Fun Bike untuk Pemilu Damai.

Tepat pukul 07.00 Wita, Bupati Minahasa Roy Octavianus Roring didampingi Sekkab Jeffry Korengkeng dan Asisten I Denny Mangala melepas kurang lebih 1.000 pesepeda dari garis start. Pesertanya “jago-jago”. Sebut saja Wagub Steven Kandouw, Pangdam XIII Merdeka Mayjen TNI Tiopan Aritonang, Kapolda Irjen Pol R Sigid Tri Hardjanto dan pejabat teras TNI-Polri.

Dari depan Kantor Bupati Minahasa, peserta Fun Bike untuk Pemilu Damai mengarah ke Desa Touliang Oki. Begitu keluar dari Kota Tondano, peserta disuguhi pemandangan sawah. Terasa sehat menghirup udara pagi.

Saat memasuki Desa Touliang Oki, banyak warga keluar rumah dan menonton. Tidak sedikit anak-anak, pemuda, remaja, ibu bapa dan opa oma memberi semangat.

Wagub Kandouw, Mayjen Tiopan dan Irjen Sigid tampak senang melihat antusiasme warga. Bukan apa-apa, warga laksana mendapat suguhan tontonan pagi bersepeda sehat. Secara spontan, di jalan-jalan warga memberikan minuman dan buah-buahan bagi pesepeda.

“Di perayaan Hari Bhayangkara bisa dibuat kegiatan Fun Bike seperti ini,” usul Wagub Kandouw. Irjen Sigid memang kreatif. Berbagai kegiatan diarahkan untuk suksesnya Pemilu-Pilpres.

Sebelumnya, dia menggagas Forum Pemilu Damai dan Sejuk. Semua pimpinan parpol rutin bertemu. Keakraban tercipta. Ini pun jadi message ke masyarakat mengingat para pimpinan parpol terlihat mesra.

Dari pantauan, rute yang ditempuh peserta mengelilingi Danau Tondano, yang terbagi dalam dua etape. Etape 1, Kiniar-Watumea. Sementara etape 2, menyisir Kakas-Tountimomor-Passo-Leleko dan finish di obyek wisata Sumaru Endo, Remboken. Total jarak tempuh 19 kilometer. Kegiatan pagi itu diawali dengan doa yang dipimpin Pdt Soni Repi.

Setelah menempuh jarak puluhan kilometer, seluruh peserta tiba di garis finish sekitar pukul 9.30 WITA. Di sepanjang rute, para peserta disuguhi keindahan alam Danau Tondano, pegunungan dan persawahan yang hijau membentang.

12
Kirim Komentar