04 Apr 2019 09:29

Joker Berawal dari Badut Penghibur

MyPassion
SALAH satu scene dalam teaser trailer Joker yang dirilis tadi malam. (Warner Bros Pictures)

TEASER Trailer Joker dirilis tadi malam oleh Warner Bros. Pictures. Kisah asal-usul Joker diperlihatkan. Joker di film ini bukan diperankan oleh Jared Leto, melainkan aktor watak kenamaan Joaquin Phoenix.

Kisah Jokernya pun baru, bukan seperti Joker Batman 89, The Dark Knight, maupun Suicide Squad. Jadi, seperti apa kisahnya? Joker versi komik tidak benar-benar memiliki masa lalu. Setiap hari, ia seperti selalu memikirkan asal-usul berbeda mengenai dirinya.

Namun kisah mengenai masa lalu Joker yang paling populer adalah The Killing Joke, di mana kita diperlihatkan kalau sebelum menjadi psikopat berbahaya, Joker hanya seorang komedian gagal yang terlibat dalam rentetan tragedi di luar kendalinya.

Dilansir dari duniaku.net, pada teaser trailer Joker ini, kita diperlihatkan kalau Joker di sini awalnya adalah seorang badut normal, yang dulu ibunya pernah berpesan agar dia tersenyum dan tetap ceria. Serta tujuannya adalah membawa tawa dan kebahagiaan ke dunia.

Meski begitu, si Joker ini justru menemui rentetan masalah, seperti papannya dicuri dan dia diserang tanpa alasan, tanpa ditolong oleh siapa pun. Tak heran kalau di sepanjang trailer, kita melihat kondisi kejiwaan Joker semakin memburuk hingga akhirnya dia tertawa sendiri di beberapa kesempatan.

Kota latar cerita film ini masih kota Gotham, meski kotanya sendiri bukan Gotham modern. Estetika di sekeliling Joker membuat nuansa kota ini terlihat seperti tahun 70an. Di adegan, kita diperlihatkan rumah sakit bernama Arkham State Hospital.

Akankah rumah sakit ini menjadi Arkham Asylum, rumah sakit jiwa langganan Joker di masa depan? Di The Dark Knight, Joker didukung oleh orang-orang dengan gangguan kejiwaan yang simpati kepadanya. Dari teaser trailer Joker, tampaknya Joker versi Joaquin Phoenix pun bisa memperoleh simpati dari sejumlah warga Gotham.

Di adegan di atas, kamu bisa melihat para pendukung dengan topeng Joker berdemonstrasi. Joker di sini tampaknya berpotensi menyebabkan histeria di satu kota, seperti di The Dark Knight. Hanya saja, tampaknya belum ada Batman yang dapat menghentikannya.

Bakal menarik kalau film ini menyajikan Joker dari orang normal hingga benar-benar menjadi penjahat mengerikan. Bukan anti-hero, namun beneran penjahat ekstrem. Filmnya pastinya bakal dark dan berat kalau begitu. Penasaran? Filmnya bakal tayang 4 Oktober tahun ini.(gnr)

Kirim Komentar