04 Apr 2019 12:20

Boltim Kembangkan Minyak Kelapa Asli

MyPassion
Setiono

MANADOPOSTONLINE.COM---Tahun ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boltim melalui Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak), berupaya mengembangkan minyak kelapa perasan.

 

Kepala Distanak Boltim Setiono mengatakan, tahun ini akan melakukan pendekatan kepada warga melalui tenaga penyuluh. "Tahun ini kami akang mengembangkan minyak kelapa perasan. Kami akan sosialisasikan ini kepada para penyuluh lapangan, terkait keuntungan serta manfaat minyak kelapa hasil perasan atau buatan sendiri," kata Sutiono.

Menurutnya, ini merupakan peluang yang harus ditangkap masyarakat, guna meningkatkan perekonomian bagi warga khususnya petani kelapa. "Harga minyak kelapa perasan saat ini dipasaran mencapai Rp 30 ribu per kilogram. Kami telah memasukkan usulan melalui proposal berupa alat atau mesin cukur kelapa beserta mesin peras kepada pemerintah provinsi," jelasnya.

Sebelumnya, Ketua PKK Boltim Nursiwin Dunggio terus berjanji akan menyediakan wadah untuk mengembangkan kreativitas dan juga penggunaan produk- produk lokal, salah satunya penggunaan minyak kelapa asli. "Saya ingin masyarakat Boltim tahu jika penggunaan minyak kelapa asli itu sangat sehat, dan lebih murah dibandingkan minyak kelapa sawit," ungkapnya.

Perempuan kelahiran Gorontalo itu pun menekankan pembangunan daerah tidak hanya dengan infrastruktur. Tapi juga dengan peningkatan hasil pertanian. Meskipun tak dipungkiri, hasil pertanian dan juga pembuatan agroindustri di Boltim terus mengalami peningkatan. Menurutnya, produk turunan kelapa perlahan mulai dibuktikan. "Produk turunan kelapa di Boltim sudah cukup baik. Bukan hanya minyak kelapa saja yang bisa digunakan, namun batok kelapa pun diola menjadi pernik yang unik dan bisa dijadikan oleh-oleh khas Boltim," katanya. 

Istri orang nomor satu di Boltim itu pun berharap, masyarakat bisa tahu dan dapat merasakan secara full dampak ekonomi dari agroindustri rumahan. "Saya akan terus melakukan pembinaan dan juga pengawasan terhadap kegiatan agroindustri. Agar masyarakat Boltim semakin kreatif dan menciptakan lapangan pekerjaan sendiri," tutupnya.(tr-01/ite)

Kirim Komentar