03 Apr 2019 08:51

372 CPNS Pemprov Segera Kantongi NIP

MyPassion
Femmy Suluh

MANADOPOSTONLINE.COM—Sebanyak 372 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang lolos dalam seleksi waktu lalu, di Pemprov Sulut bakal segera mengantongi Nomor Induk Pegawai (NIP). Hal itu dikatakan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulut Femmy Suluh, saat dikonfirmasi koran ini kemarin (2/3).

 

Menurutnya, NIP tersebut sudah sampai ke pemprov dan tinggal menunggu waktu penyerahan ke CPNS yang lolos.

"NIP untuk 372 CPNS yang lolos waktu lalu, sudah siap. Mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah akan diserahkan. Kita tinggal menunggu waktu yang tepat saja. Karena beberapa hari ini, banyak agenda penting di Sulut baik kunjungan presiden ataupun Musrenbang regional Sulawesi. Namun yang pasti dalam waktu dekat sudah akan diserahkan," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional XI Manado Wakiran mengatakan, penetapan NIP untuk wilayah Sulut sudah tidak menjadi masalah. Harusnya daerah sudah bisa menyerahkan NIP tersebut kepada peserta CPNS yang lolos. Tidak boleh lagi, menurut Wakiran, ditunda berlama-lama karena NIP sudah siap.

"NIP untuk wilayah kerja Sulut semua sudah siap. Penyerahan juga sudah bisa dilakukan pemerintah daerah. Tidak boleh itu ditunda-tunda. Kan untuk meresmikan mereka ini, adalah penyerahan NIP. Kalau itu sudah ada, maka mereka sudah bisa bekerja. Saya harap di April ini, semua NIP di 15 kabupaten/kota serta Pemprov Sulut sudah diserahkan," ujarnya.

NIP tersebut, menurut Wakiran, berguna sebagai nomor pensiun, juga sebagai nomor asuransi PNS. NIP tersebut akan menjadi dasar penyusunan dan pemeliharaan tata usaha kepegawaian yang teratur.

"Jadi NIP CPNS ini, bisa diartikan sebagai bukti resmi pengakuan bahwa pemerintah daerah telah menetapkan seorang tersebut sebagai PNS. Melalui NIP dan SK yang diberikan kepada masing-masing peserta yang dinyatakan lulus, maka dapat diketahui juga kapan yang bersangkutan bisa mulai bekerja sebagai seorang aparatur sipil negara. Jadi sangat penting untuk pemerintah segera memberikan NIP bagi peserta yang lulus," kuncinya. (tr-02/can)

Kirim Komentar