01 Apr 2019 09:25
Juara India Terbuka 2019

Tiga Wakil Tembus Final, Keke Sulut Selamatkan `Muka` Indonesia

MyPassion
Greysia Polii/Apriyani Rahayu menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang juara di India Terbuka 2019

MANADOPOSTONLINE.COM-Greysia Polii/Apriyani Rahayu mengaku lega bisa meraih gelar perdana mereka di 2019 usai menjuarai India Terbuka 2019. Gelar tersebut diakui keduanya membangkitkan rasa percaya diri mereka yang sempat turun lantaran tidak pernah menang di turnamen besar.

Greys/Apri menjuarai India Terbuka 2019 setelah mengalahkan Lee Meng Yean/Chow Mei Kuan (Malaysia) 21-11 dan 25-23. Meski menjuarai turnamen yang tidak dihadiri oleh kebanyakan pasangan kuat dari Jepang dan Tiongkok, Greys/Apri tetap bersyukur.

"Puji Tuhan akhirnya kami bisa menembus juara dulu, paling tidak buat menambah kepercayaan diri kami, supaya nggak down. Tujuannya dari awal memang itu, biar percaya diri, soalnya kami memang sempat menurun pedenya," kata Greys, Minggu (31/3).

Sebelum menjadi juara di India Terbuka 2019, Greys/Apri terakhir meraih gelar di Thailand Terbuka 2019 tahun lalu. Setelah itu, mereka selalu jadi pecundang. Hal ini akhirnya membuat mereka krisis kepercayaan diri.

"Kemarin-kemarin kami sempat kehilangan rasa percaya diri. Sesudah tanding di Eropa, kami banyak berkomunikasi internal berdua dan juga bersama koh Didi (pelatih kepala ganda putri PBSI Eng Hian, Red). Perubahannya adalah mulai bisa mencari cara mengembalikan rasa percaya diri dan percaya satu sama lain," ujar keke Sulut ini.

Di laga final, Greys/Apri pun tidak menyebut mereka bermain bagus. Menang jauh di gim pertama ternyata membuat mereka bermain pasif di gim kedua. Akibatnya, adu setting pun tidak terhindari.

"Waktu memimpin itu kami kurang agresif, mainnya malah jadi pasif. Seperti mau dapat poin gampang, soalnya di game pertama menangnya jauh. Padahal lawan kan juga nggak mau kalah. Ini PR buat kami, dan harus bisa antisipasi di pertandingan-pertandingan selanjutnya," tambah Greys yang akan langsung bertolak ke Malaysia untuk mengikuti Malaysia Terbuka 2019 pada 2-7 April.

Greys/Apri menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang tidak pulang dengan tangan hampa dari total tiga wakil Merah Putih yang menembus babak final India Terbuka 2019.

Ganda campuran Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti dikalahkan unggulan pertama asal Tiongkok Wang Yilyu/Huang Dongping dengan skor 13-21, 11-21. Satu wakil lagi, yakni Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi juga tidak berhasil merengkuh gelar setelah dipecundangi Lee Yang/Wang Chi-Lin (Taiwan) 14-21 dan 14-21.(Jawapos)

Kirim Komentar