01 Apr 2019 21:52

Puluhan Guru Seni Indonesia Ikuti Pelatihan Komunikasi Budaya di Tiongkok

MyPassion
Duta Besar RI untuk Tiongkok merangkap Mongolia, Djauhari Oratmangu saat menghadiri program Pelatihan Pendidikan dan Komunikasi Budaya untuk Para Guru Seni Budaya Indonesia di CCOM, Beijing, Minggu (31/3). (KBRI Beijing)

SEBANYAK 36 guru seni dari berbagai provinsi di Indonesia telah menyelesaikan program Pelatihan Pendidikan & Komunikasi Budaya untuk Para Guru Seni Budaya Indonesia yang dilaksanakan di China Conservatory of Music (CCOM), Beijing. Program ini diinisiasi KBRI Beijing atas prakarsa Atase Pendidikan dan CCOM dan didukung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Selama tiga minggu, para guru seni ini mendapat pengalaman dan pengetahuan mengenai seni budaya Tiongkok seperti  opera, musik tradisional dan kaligrafi. Sebaliknya, mereka juga memperkenalkan seni budaya Indonesia kepada para dosen dan siswa Tiongkok.

MyPassion

Dalam sambutannya pada acara penutupan di Auditorium CCOM, Duta Besar RI untuk Tiongkok merangkap Mongolia, Djauhari Oratmangun menyampaikan bahwa program pelatihan ini semakin menegaskan bahwa people to people contact dapat menjadi perekat hubungan dan kerja sama Indonesia dan Tiongkok.

Para guru ini telah menjadi duta-duta bangsa yang ikut memperkenalkan seni budaya Indonesia di Tiongkok. Diharapkan pengalaman yang diperoleh selama pelatihan ini dapat menjadi referensi bagi pemajuan pendidikan seni di Indonesia.

Ditutup dengan lagu Suwe Ora Jamu yang  dinyanyikan para guru seni diiringi musik tradisional Tiongkok, program pelatihan ini telah membawa kesan mendalam baik bagi para guru peserta pelatihan maupun para dosen dan mahasiswa di Tiongkok. (*)

Kirim Komentar