29 Mar 2019 13:58

Sejarah, Transplantasi Ginjal dari Pengidap HIV

MyPassion
Ilustrasi. (Pixabay).

MANADOPOSTONLINE.COM--Dokter di Amerika Serikat (AS) untuk pertama kalinya di dunia, mentransplantasikan ginjal dari seorang pasien HIV positif ke pasien lain. Operasi berlangsung di Johns Hopkins di Baltimore, Maryland, dan kedua pasien disebut dalam kondisi baik-baik saja.

"Ini adalah pertama kalinya seseorang yang hidup dengan HIV diizinkan untuk menyumbangkan ginjal di dunia," kata Dokter Dorry Segev dalam rilisnya dilansir dari BBC pada Jumat (29/3).

Sebelumnya HIV dinilai membawa faktor risiko yang terlalu besar untuk penyakit ginjal pada donor. Tetapi obat anti-retroviral jenis baru yang digunakan untuk mengobati penyakit ini dianggap aman untuk ginjal.

Dokter Christine Durand, profesor kedokteran dan onkologi di Johns Hopkins mengatakan, operasi ini menantang, dan membuat masyarakat untuk melihat HIV secara berbeda. Ini juga sebagai bahan untuk memajukan pengobatan.

"Para pasien sangat berterima kasih atas pemberian ini dan sekarang kami hanya memantau untuk hasil jangka panjang," kata Dokter Durand.

Operasi dilakukan pada hari Senin (25/3). Donor Nina Martinez, 35, dari Atlanta mengatakan, dia merasa kondisinya baik. Dia terinspirasi untuk menyumbangkan ginjalnya sejak menonton film episode 'Grey's Anatomy.'

Martinez mengaku, ia bersemangat untuk menjadi bagian dari ini untuk pertama kali. "Saya tahu bahwa sayalah yang mereka tunggu-tunggu. Bagi siapa pun yang mempertimbangkan memulai perjalanan ini, itu bisa dilakukan."

Sementara itu, penerima ginjal memilih untuk tetap tak disebutkan namanya. Terobosan ini mengikuti perkembangan penting lainnya dalam pengobatan HIV.

Ada sekitar 37 juta orang yang hidup dengan HIV / AIDS pada tahun 2017, dan Organisasi Kesehatan Dunia masih menempatkan HIV sebagai salah satu tantangan kesehatan masyarakat paling serius di dunia.(jawapos)

Kirim Komentar