28 Mar 2019 11:48

Tak Tahu Lokasi Terbang, Pilot Salah Mendarat

MyPassion
MASKAPAI British Airways. (Picture-Alliance)

PENERBANGAN Pesawat British Airways yang berangkat dari London menuju Jerman terlewat sejauh 740 mil. Pesawat itu bukan mendarat di Jerman namun malah mendarat di Edinburgh, Skotlandia. Bukannya melewati Selat Inggris ke arah timur menuju Bavaria, pesawat itu malah terbang ke utara. Alasannya jalur penerbangan yang diajukan salah.

 

Seperti yang dijelaskan CNN, meski memakai Pesawat British Airways sebenarnya itu bukan penerbangan milik British Airways. Pilot tidak pernah tahu kalau mereka seharusnya terbang menuju Jerman.

Penerbangan ini dioperasikan oleh perusahaan penyewaan Jerman WDL Aviation atas nama anak perusahaan maskapai British Airways, BA CityFlyer. Rencana penerbangan yang salah diajukan di kantor WDL Aviation di Jerman.

Untungnya, perjalanan dari London ke Skotlandia hanya membutuhkan waktu sekitar 90 menit. Meskipun penumpang mendarat di negara yang salah, mereka tidak benar-benar kesal. Bahkan mereka menemukan kesalahan yang lucu.

Salah satu pacar penumpang, Piotr Pomienski mengawasi Flightradar dari rumahnya ketika pesawat yang dinaiki pacarnya mengembara ke utara, bukan ke timur. Dia pikir jalur penerbangan yang keliru pasti merupakan kesalahan.

“Saya melihat di Flightradar bahwa penerbangan itu terbang ke utara, bukan ke selatan. Namun saya menganggap itu semacam kesalahan sistem. Sampai dia mengirim pesan kepada saya kalau ia berada di Edinburgh,” katanya seperti dilansir Popular Mechanics, Senin (25/3).

Seorang juru bicara mengatakan, operator sedang menyelidiki insiden itu, termasuk bagaimana jalur penerbangan yang salah diajukan. Sementara WDL Aviation berjanji untuk memilah rincian di balik salah mendarat di Skotlandia.(gnr)

Kirim Komentar