25 Mar 2019 08:19

UNBK, 106 Sekolah di Sulut Kekurangan Komputer

MyPassion
Ilustrasi UNBK. (Dok MP)

MANADOPOSTONLINE.COM—Hari ini 14.764 siswa dan siswi tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), akan mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pendidikan Daerah Sulut Grace Punuh kemarin Minggu (24/3). Menurutnya, pelaksanaan UNBK kali ini baru berlaku bagi SMK. Dan untuk SMA akan digelar pada 1 April nanti.

 

“Jadi besok (hari ini, red) jam 7.00 WITA di SMK Negeri 1 Manado. Ada pembukaan UNBK tingkat SMK se Sulut. Itu diikuti oleh 183 sekolah SMK se Sulut dengan 14.764 siswa dan siswi. Dan rencananya, akan dibuka pak Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw dan ada video conference dengan bupati dan walikota sebagai Sulut," bebernya.

Punuh juga mengatakan, persiapan untuk pelaksanaan UNBK sudah matang. Dirinya menyebutkan, untuk siswa dan siswi yang ikut UNBK sudah tidak lagi grogi. Pasalnya, sebelumnya sudah dilakukan USBN serta ada simulasi dan gladi bersih pelaksanaan UNBK. Peran orang tua siswa menurut Punuh, juga penting disamping siswa peserta UNBK.

“Persiapan UNBK saat ini sudah matang. Baik siswa dan siswi maupun semua sarana dan prasarana. Kita sudah melakukan kerjasama dengan pihak PLN, untuk menjamin jaringan listrik. Selain itu, kita juga menyiapkan genset bila darurat. Juga server dari telkomsel sudah kita mantapkan agar jaringan saat UNBK berlangsung bisa aman," katanya.

Punuh juga tidak menepis masih adanya kekurangan komputer di sekolah SMK dan SMA. Saat ini menurut Punuh, masih ada sekitar 106 sekolah yang membutuhkan komputer untuk pelaksanaan UNBK. Namun pihaknya telah mengatur, agar menggabungkan sekolah yang tidak memiliki komputer, dengan sekolah yang telah memiliki komputer.

12
Kirim Komentar