25 Mar 2019 16:10

Kadisnaker Bitung Sebut Pengangguran Meningkat Karena Kurangnya Investasi

MyPassion
Ilustrasi

MANADOPOSTONLINE.COM--Meningkatnya angka pengangguran di Kota Bitung pada tahun 2018 merupakan tugas dan tanggung jawab bersama seluruh perangkat pemerintahan.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Kadis Naker) Kota Bitung Wenas Luntungan mengatakan untuk menekan angka pengangguran menjadi tugas bersama jajaran pemerintah kota (Pemkot).

"Pengangguran bertambah ini berkaitan dengan kurangnya investasi, salah satu upaya yang harus dilakukan oleh perangkat pemkot yakni memperbanyak investasi agar bisa membuka lapangan pekerjaan bagi pengangguran," ujarnya kepada Manado Post Online, Senin (25/3).

Ada juga proyek - proyek musiman seperti KPU dan Bawaslu yang memerlukan orang untuk bekerja, tetapi ini tidak mengurangi angka pengangguran sebab ini berlangsung hanya sesaat.

"Job Fair juga merupakan langkah yang diambil pemerintah untuk menekan angka pengangguran, namun untuk sekarang masih diambil ahli langsung oleh pemerintah provinsi, ke depan kita akan usahakan untuk Bitung bisa ada job fair sendiri," ungkapnya.

Pemerintah Kota Bitung melalui Dinas-dinas dan Badan-badan milik pemerintah juga telah melakukan pelatihan - pelatihan agar bisa meningkatkan kemampuan individu dalam bekerja. " Kalau berkaitan dengan  Dinas Ketenagakerjaan ada pelatihan di BLK, dalam rangka peningkatan kopetensi kemampuan kerja," tandasnya. (rei)

Kirim Komentar