25 Mar 2019 20:56

Bunda Khouni Inisiasi Perda Perlindungan Satwa

MyPassion
Khouni Lomban-Rawung

MANADOPOSTONLINE—Kepala Sekolah Lingkungan Bitung Dra Khouni Lomban-Rawung sedang ikut menginisiasi Peraturan Daerah (Perda) Perlindungan dan Pengawasan Tumbuhan dan Satwa Liar bersama sejumlah pihak terkait. Hal itu dibuktikan Duta Yaki Indonesia ini dengan melakukan studi banding, di Jombang dan Klaten, Senin (25/6) kemarin.

Menurut Bunda Khouni —sapaan akrabnya— perda yang sementara digodok rancangannya ini, diusulkan Pemkot Bitung melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

“Ini menindaklanjuti peraturan wali kota (perwako) yang sudah ada pada 2018 lalu. Perda ini sendiri diawali gagasan Wali Kota Bitung Maximiliaan Jonas Lomban, yang kemudian didukung banyak pihak dengan kolaborasi dari berbagai elemen yang peduli lingkungan,” jelasnya.

Lanjut Khouni, sebagai pengiat lingkungan, dia sangat termotivasi dengan studi banding ini. “Saya sebagai pemimpin Sekolah Lingkungan Bitung dan juga

Duta Yaki Indonesia, bersama tim, memang perlu menambah wawasan di daerah yang sudah memiliki perda tentang hal yang mirip ini. Capek tapi bersemangat. Demi alam yang lestari dengan makhluk hidup di dalamnya,” pungkas Ketua PMI Bitung ini.

Diketahui dalam studi banding ini diikuti DLH Bitung, EPPAS dan BKSDA Sulut. Juga melibatkan Sekolah Lingkungan Bitung dan Suara Yaki Indonesia. Termasuk bagian hukum dan perwakilan akademisi Unsrat. (can)

Kirim Komentar