23 Mar 2019 09:38

Resmi Jabat Bendum Aspeksindo, Bupati Sitaro Siap Perjuangkan Daerah Pesisir

MyPassion
Evangelian Sasingen saat pelantikan Pengurus Aspeksindo, di Ballroom Hotel Novotel Balikpapan, Jumat (22/3) kemarin.(Dok Humas)

MANADOPOSTONLINE.COM---Bupati Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang dan Biaro (Sitaro) Evangelian Sasingen resmi menjabat sebagai Bendahara Umum (Bendum), Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir se Indonesia (Aspeksindo). Usai dilantik dalam Rakernas  dan Expo Maritim 2019 di Ballroom Hotel Novotel Balikpapan, Jumat (22/3) kemarin.

 

Sasingen saat diwawancarai menyatakan, apresiasinya atas kepercayaan dan amanah yang diterima.

"Tentu ini kepercayaan besar bagi saya. Aspeksindo sebagai forum representasi pemerintah daerah - daerah pesisir, yang bertujuan memajukan serta memperkuat sektor maritim Indonesia. Sekaligus memperjuangkan kesejahteraan Provinsi Sulut  yang punya teritori maritim, khususnya Kabupaten Sitaro,” papar dia.

Lewat Aspeksindo, dirinya berharap mampu membangun sinergitas dan harmonisasi, antar pemerintah daerah kepulauan dan pesisir yang saling menguntungkan.

“Serta mewujudkan visi besar Indonesia sebagai poros maritim dunia. Dalam konteks ini, tentu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat kepulauan dan pesisir yang berkeadilan. Sama seperti semangat pemerintah membangun dari pinggiran," tambahnya lagi

Dalam Rakernas juga,lanjut dia, seluruh pemerintah daerah yang tergabung dalam Aspeksindo, akan terlibat langsung dalam penyusunan mapping dan strategi pembangunan wilayah kepulauan dan pesisir.

"Kami juga menginventarisir semua potensi-potensi dari daerah masing-masing yang bisa digali dan dikembangkan," tukasnya

Terpisah, Wakil Bupati John Palandung menyatakan, banyak selamat atas terpilihnya Srikandi Sitaro ini dalam kepengurusan Aspeksindo. Kata Palandung, selain menjadi representasi Sulut, kehadiran Sasingen dalam Aspeksindo mampu memberikan dampak positif bagi perkembangan daerah kepulauan di Sulut secara keseluruhan.

“Kita punya akses dan jaringan menyuarakan kebutuhan masyarakat pesisir, soal perlengkapan produksi perikanan, budidaya, pembibitan hingga pencarian pangsa pasar. Banyak selamat bagi ibu bupati,” ujar Palandung.

Sebab tambah Sasingen, wilayah kepulauan dan pesisir sangat potensial untuk dikembangkan, terutama dari sektor bahari dan maritim.

"Contohnya di Sitaro, sangat banyak potensi yang bisa kita kembangkan ke depan, baik dari pariwisata, hingga hasil laut. Ini juga agar Bumi Karamando dapat terangkat dari sisi pembangunan potensi daerah yang tentu akan berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat," kuncinya.(drp/jul)

Kirim Komentar