23 Mar 2019 09:17
Perkaya Iven, Benahi Objek Wisata

Pemkot Manado Optimis Capai 150 Ribu Turis

MyPassion
Ilus.(dok Manado Post)

MANADOPOSTONLINE.COM—Pemerintah Kota Manado optimis mencapai target wisatawan mancanegara (wisman) 150 ribu tahun ini.

 

Kepala Dinas Pariwisata Kota Manado Lenda Pelealu mengatakan, setiap tahun kunjungan wisman di Kota Manado terus mengalami peningkatan. Dari tahun 2017 jumlah kunjungan wisman 79.774. 2018 naik menjadi 124.830. “Kalau melihat tren kunjungan wisatawan yang terus naik, kami optimis target 150 ribu kunjungan capai,” katanya.

Dia berterima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sulut yang mendukung meningkatkan kunjungan wiswan. Dengan membuka penerbangan baru dari Malaysia ke Manado Juli mendatang. “Dengan ditambahnya jalur penerbangan, kunjungan turis akan meningkat,” ungkapnya.

Karena itu, lanjutnya, Pemerintah Kota Manado akan membenahi infrastruktur objek wisata. Agar turis datang betah. “Kami juga membenahi Sumber Daya Manusia (SDM). Dengan memberikan pelatihan kepada pemandu wisata dan pelaku usaha yang berhubungan langsung dengan wisman,” katanya.

Selain itu Pemkot Manado katanya, juga gencar melakukan promosi pariwisata melalui iven. Seperti Manado Fiesta. Tahun ini pelaksanaan Manado Fiesta akan spektakuler, karena ada night karnaval seperti di Brasil. “Kami juga telah membuka Manado Street Food di Kawasan Kampung Cina yang menjual makanan khas Manado sampai menu ekstrem. Ini dilakukan untuk meningkatkan kunjungan wisman di Kota Manado,” sebutnya.

Sebelumnya, Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut meminta dinas teknis membenahi infrastruktur. Seperti trotoar di sekitar hotel dan kawasan yang menjadi kunjungan turis. “Kita harus benahi trotoar di mana banyak turis berkunjung. Agar tidak ada lagi kejadian turis yang jatuh ke dalam trotoar,” pungkasnya.(ite/gel)

Kirim Komentar