22 Mar 2019 10:32

Polres Minut Siap Mengamankan Pemilu

MyPassion
Kapolres Minut bersama Ketua KPU Minut Stella Runtu, Komisioner KPU Minut Hendra Lumanauw (Kiri) dan Ketua Bawaslu Minut Simon Awuy (Kanan).

MANADOPOSTONLINE.COM— Menyukseskan Pemilu 17 April nanti, simulasi pengamanan TPS dilaksanakan di Polres Minut, Jumat (22/3).

"Simulasi ini dalam rangka memberikan gambaran kepada masyarakat bahwa Polres Minut siap untuk melaksanakan pengamanan pada Pemilu nanti. TNI, Polri, KPU dan Bawaslu siap menyukseskan Pemilu ini," ujar Kapolres Minut AKBP Jefri Ronald Parulian Siagian SIK.

Dalam simulasi ini Polres Minut memperagakan hal-hal yang mungkin terjadi pada saat mengamankan TPS. Misalnya, warga yang tidak terima namanya tidak ada di DPT namum memiliki KTP, juga warga yang tidak mempunyai KTP namun memaksa untuk memilih.

"Kami memperagakan hal-hal ini secara nyata sehingga pada saat tanggal 17 April nanti mereka (anggota Polisi) sudah siap dan percaya diri apa yang harus dilakukan pada saat menghadapi situasi-situasi seperti ini," ujar Kapolres.

Polres minut akan melibatkan 216 anggotanya dalam mengamankan TPS. Namun semua anggota Polres Minut akan dilibatkan dalam pengaman Kamtibmas di wilayah Minut.

Ketua KPU Minut Stella Runtu mengapresiasi atas pelaksanaan simulasi yang dilakukan Polres Minut.

"Dari simulasi ini kami (KPU) dapat melihat potensi-potensi masalah yang bisa terjadi di TPS nanti, sehingga ini bisa menjadi bahan evaluasi dan pembelajaran, untuk kami sampaikan ke tingkat bawah," tuturnya.

Senada Ketua Bawaslu Minut Simon Awuy SH berterimakasih atas kesiapan Polres Minut dalam mengamankan Pemilu.

"Dengan adanya simulasi ini kami bisa melihat pihak kepolisian sudah siap dalam mengamankan Pemilu, sehingga kami (Bawaslu dan KPU) merasa nyaman dan aman ketika melaksanakan tugas," tandasnya.(icad)

Kirim Komentar