22 Mar 2019 11:13

Pembangunan Kawasan Pesisir Pantai Wajib Kantongi Izin

MyPassion
Ronald Sorongan

MANADOPOSTONLINE.COM—Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) menegaskan, semua pembangunan yang dilakukan di wilayah pesisir pantai harus memiliki izin. Izin tersebut penting, karena menurut Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Sulut Ronald Sorongan, untuk menjaga agar tidak ada kawasan laut yang dicemari atau mengalami kerusakan.

 

"Ya mau membangun apa pun kalau di pesisir pantai, harus memiliki izin. Ini kita jaga agar supaya tidak ada kerusakan terhadap laut terjadi. Jangan sampai, karena pembanguanan tersebut juga mencemari lingkungan hidup di laut. Jadi mau bangun besar atau kecil, harus ada izin," tegasnya, kemarin (21/3).

Berbagai tanda peringatan juga, menurut Sorongan, telah dipasang agar supaya semua pihak mengetahui hal tersebut. Jadi menurutnya, tidak ada alasan ketidaktahuan aturan tentang harus memiliki izin dalam pembangunan di kawasan pesisir laut Sulut.

"Kita sudah pasang peringatanan untuk memiliki izin dahulu sebelum membangun sesuatu di pesisir laut. Pemasangan tersebut sudah kita lakukan di beberapa titik yang memang potensial untuk dilakukan pembangunan. Seperti di wilayah Kalasey dan sekitarnya. Jadi saya rasa, semua pihak sudah mengetahui akan aturan tersebut. Jadi semua harus patuh," imbuhnya.

Di sisi lain, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sulut Marley Gumalag mengatakan, untuk melakukan pembangunan di kawasan pesisir harus memiliki izin. Apalagi menurutnya, untuk reklamasi.

"Kalau reklamasi itu, walaupun mau dilaksanakan di kabupaten/kota manapun di Sulut ini, harus memiliki izin dari provinsi. Tidak boleh ada izin reklamasi dari kabupaten/kota untuk reklamasi. Karena reklamasi ini, harus kita lakukan penelitian dahulu, apakah merusak lingkungan atau tidak, sebelum mengeluarkan izin," terangnya.

Gumalag mengatakan, pihaknya selalu tegas dalam menjaga lingkungan hidup. Karena itu, semua jenis pembangunan harus diperiksa berdampak terhadap lingkungan hidup atau tidak. Kalau itu merusak ekosistem, maka menurutnya, izin tidak akan diberikan. (tr-02/can)

Kirim Komentar