22 Mar 2019 19:47

Mengaku Sangat Sedih, Putra Tomohon Buka Suara Usai Dilarang Bela Timnas

MyPassion
Curhatan Ezra Walian di akun Instagramnya.

EZRA Walian akhirnya buka suara seusai dilarang bela timnas U-23 Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-23 2020. FIFA telah mengambil keputusan bahwa tak mengizinkan putra Tomohon itu untuk membela timnas U-23 Indonesia karena sudah memperkuat timnas U-17 Belanda pada kompetisi resmi UEFA, pada Piala Eropa U-17.
Dalam statuta FIFA soal status pemain yang berganti asosiasi, disebutkan bahwa pemain hanya boleh sekali berganti kewarganegaraan sehingga ia diperkenankan membela negara lain dalam laga internasional. Itu pun ada syarat yang harus dipenuhi.
Yakni, pemain itu tidak pernah bermain di pertandingan resmi Level A bersama asosiasi sebelumnya, termasuk sebagai pengganti. Jika pemain itu pernah bermain untuk negara lain, dia tidak berhak bermain lagi untuk asosiasi barunya.
Pada kasus ini, Ezra akan didaftarkan ke pertandingan resmi Level A yakni Kualifikasi Piala Asia U-23 2020. Seusai kasus pelarangannya membela timnas U-23 Indonesia, Ezra Walian pun tidak pulang ke Belanda.
Ia tetap tinggal di Vietnam, dan mendukung timnas U-23 Indonesia dari bangku penonton. Dalam unggahannya di media sosial instagram pribadinya, Ezra Walian pun buka suara.
Pemain RKC Waalwijk itu mengaku sangat sedih. "Saya sebenarnya sangat sedih. Tapi, saya memutuskan untuk tetap setia dan tinggal bersama tim di Vietnam hingga kualifikasi selesai," tulisnya.
Ezra mengaku akan menjadi pemain ke-12 Indonesia untuk mendukung skuat Garuda Muda berlaga. "Saya akan menjadi pemain ke-12 di tribun, dan berteriak menyemangati kalian. Semangat Timnas! Kalahkan mereka semua, Aku yakin kita bisa dan lolos. Garuda didadaku!" tutupnya.(bolasport/mpo)

Kirim Komentar