22 Mar 2019 11:15

Disabilitas dan Lansia Wajib Diperhatikan

MyPassion
Steven Kandouw

MANADOPOSTONLINE.COM—Penyandang disabilitas serta lanjut usia (lansia) yang ada di Sulawesi Utara (Sulut), wajib mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah kabupaten/kota. Hal ini ditegaskan Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw, kemarin (21/3).

Menurutnya, 15 kabupaten/kota wajib memberikan bantuan serta memfasilitasi semua kegiatan dari penyandang disabilitas dan lansia.

"Pemerintah di 15 kabupaten/kota wajib memberikan perhatian lebih kepada penyandang disabilitas dan lansia yang ada di wilayah pemerintahan masing-masing," tegasnya.

Dirinya juga meminta agar data jumlah penyandang disabilitas dan lansia ini harus diupdate agar bisa diketahui berapa banyak.

"Jika data mengenai jumlah penyandang disabilitas sudah diupdate, maka kebijakan untuk mereka bisa kita rencanakan. Dan bentuk kebijakan yang akan kita terapkan lebih tepat. Jadi, penting saling untuk berkoordinasi. Saya juga minta agar dinas terkait di kabupaten/kota segera rampungkan data penyandang disabilitas dan lansia yang ada di daerah mereka," ungkapnya.

Lanjutnya, tugas pemerintah kabupaten/kota, selain mengupdate data penyandang disabilitas dan lansia, juga diwajibkan merubah pola pikir.

"Kan di luar negeri saja lansia dan disabilitas usai 65 hingga 75 tahun masih diberdayakan oleh pelaku usaha. Ini yang harus diterapkan di daerah. Ini juga menjadi tugas kita sebagai pemerintah. Jadi 15 kabupaten/kota sekarang telah memiliki tugas," tutupnya. (tr-02/can)

Kirim Komentar