20 Mar 2019 19:13

Prof Ellen Lantik Senat Unsrat Baru

MyPassion
Pengalungan gordon oleh Rektor Prof Dr Ir Ellen Joan Kumaat MSc DEA kepada Ketua Senat Unsrat.

MANADOPOSTONLINE.COM—Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado menggelar pelantikan ketua dan sekretaris senat periode 2019/2023. Pelantikan dilaksanakan di gedung rektorat dan dihadiri pimpinan-pimpinan Unsrat, Rabu (20/3).

Pengambilan janji jabatan oleh rektor dan dilanjutkan dengan pengukuhan janji jabatan oleh rowaniwa. Sebelum pengambilan janji rektor mengingatkan kepada rowaniwa bahwa janji jabatan yang akan diucapkan adalah menanggung tanggung jawab terhadap bangsa dan negara Republik Indonesia (RI). Untuk memelihara dan menyelamatkan pancasila dan undang-undang dasar (UUD) Tahun 1945 serta kesejahteraan rakyat.

Ketua dan Sekretaris Senat Unsrat dilantik oleh Rektor Universitas Sam Ratulangi Prof Dr Ir Ellen Joan Kumaat MSc DEA. Sebagai ketua Senat Unsrat Prof Dr Paulus Kindangen SE SU MA dan Sekretaris Senat Unsrat Prof dr Jimmy Posangi MSc PhD SpFK.

Prof Ellen menambahkan, ini adalah pelantikan yang momentum sekali. “Karena lima tahun lalu kami dilantik oleh Wakil Menteri Prof Dr Musliar Kasim MS dan periode senat yang lalu juga morumental karena melakukan pemilihan rektor dua kali,” ujarnya.

“Saya percaya kedua saudara yang telah dilantik akan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan. Terima kasih ketua senat periode 2014/2019 Prof Dr Ir Janny Kusen dan sekretaris Prof Tewal yang sudah melaksanakan tugas dan pengabdian," kuncinya.

Sementara itu, Ketua Senat Prof Dr Paulus Kindangen SE SU MA mengatakan, walaupun pihaknya sudah banyak tahu tentang Unsrat, tapi karena baru menduduki tugas ini maka akan mempelajari lagi mekanisme yang nantinya akan dibicarakan bersama anggota senat. "Kemudian kami akan memberikan pertimbangan-pertimbagan pada pimpinan Unsrat," ujarnya.

Prof Paulus mengungkapkan, tugas senat adalah mengawasi bidang akademik dan memberi pertimbangan-pertimbangan akademik pada pimpinan universitas. "Itulah yang akan kami lakukan setelah mempelajari berbagai masalah dan perkembangan yang ada di Unsrat," katanya.

Lanjutnya, tantangan yang akan dihadapi adalah bagaimana mendorong supaya kemajuan akademik di Unsrat makin baik ke depan. "Ini juga merupakan tugas senat memberikan pertimbangan tentang bagaimana aktivitas akademik di universitas semakin maju," imbuhnya.

"Karna kita menghadapi tantangan global dalam dunia pendidikan tinggi juga dengan persaingan global yang semakin besar. Diharapkan akan membuat Unsrat memiliki proses akademik yang semakin baik," kuncinya.

Senada dikatakan Sekretaris Senat Prof dr Jimmy Posangi MSc PhD SpFK. "Untuk melaksanakan semua managerial akademik kami sudah cukup berpengalaman. Tugas kami mengontrol dan mengawasi universitas. Tapi semua kegiatan rektorat akan kami ikuti," tutup mantan wakil rektor bidang akademik ini.(lin)

Kirim Komentar