20 Mar 2019 19:56
Kepala DKP Akui Pernah Dipanggil Polres Bitung

Bantuan KKP Miliaran Rupiah Dipertanyakan

MyPassion
Lisye Macawalang

MANADOPOSTONLINE.COM—Bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI berbanderol Rp 12 miliar untuk sejumlah Koperasi Serba Usaha (KSU) di Kota Bitung dipertanyakan. Pasalnya bantuan sejak 2015 silam yang disalurkan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Bitung itu, hingga saat ini dinilai tak jelas.

Menurut salah satu anggota KSU yang enggan menyebutkan namanya, bantuan tersebut kala itu diserahkan Menteri Susi Pudjiastuti. "Sampai hari ini kelompok saya belum menerima bantuan dari KKP. Padahal waktu itu seharusnya kelompok saya dapat bantuan berupa kendaraan roda empat bak terbuka sebanyak satu unit," ungkapnya.

Pihaknya juga menduga penerima bantuan-bantuan tersebut, merupakan koperasi yang dikelola oleh oknum ASN di DKP.  “Ada beberapa KSU penerima bantuan, kami curigai dikelola oknum ASN DKP," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala DKP Bitung Lisye Macawalang mengaku bantuan tersebut sudah diserahkan semua ke koperasi-koperasi. "Program bantuan ini sudah sejak 2015, akan tetapi secara simbolis pada 2016 diserahkan Menteri Susi saat berkunjung ke Bitung. Mengenai kendaraan roda empat yang dipertanyakan silakan cek secara langsung di KSU Tengiri dan Cakalang Lestari sebab kendaraan tersebut ada pada dua koperasi ini," bebernya.

Dia melanjutkan, tidak benar jika dikatakan ada ASN yang menerima bantuan tersebut. "Setahu saya ASN yang menyalurkan bantuan ke koperasi penerima bantuan, bukan penerima bantuan yang dimaksud oleh warga. Ada salah satu koperasi memang benar awalnya didirikan Dinas Kelautan dan Perikanan. Akan tetapi setelah berkembang langsung dikelola oleh orang di luar ASN," ungkapnya.

Macawalang juga mengaku dirinya pernah dipanggil oleh pihak kepolisian untuk diminta keterangan. "Mengenai bantuan ini saya pernah dipanggil oleh pihak kepolisian untuk diminta keterangan," tandasnya.(rei)

Kirim Komentar