19 Mar 2019 16:13

Polimdo Pamerkan Hasil Karya Mandiri Mahasiswa

MyPassion
Politeknik Negeri Manado memamerkan desain struktur bangunan gedung di lobby Kantor Pusat Politeknik Negeri Manado, kemarin.

MANADOPOSTONLINE.COM—Politeknik Negeri Manado (Polimdo) menyelengarakan pameran desain struktur bangunan gedung di lobby Kantor Pusat Politeknik Negeri Manado, kemarin. Kegiatan ini diikuti mahasiswa semester delapan Program Studi Diploma 4 Konstruksi Bangunan Gedung, Jurusan Teknik Sipil.

Dalam kegiatan yang digelar selama dua hari ini, 64 mahasiswa dibagi menjadi 16 kelompok dan menampilkan hasil karya mandiri. Juga menampilkan ciri khas bangunan, yakni bentuk, fungsi, lokasi, jumlah tingkat, dan jenis tanah.

Ir Julius Tenda MT, salah satu dosen pelaksana pameran mengatakan, kegiatan ini sebagai pendukung tercapainya tujuan pembelajaran yang mengarah pada kompetensi calon sarjana sains terapan, yang memiliki kemampuan untuk menjawab permasalahan struktur secara komprehensif. Juga menjawab kebutuhan-kebutuhan industri konsumsi sekarang ini, serta dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa itu sendiri.

MyPassion

Ia menjelaskan, bangunan atau maket ini dirancang terlebih dahulu. Setelah mahasiswa menghitung dan pelajari, selanjutnya, mereka buat dalam bangunan jadi, misalnya hotel, rumah sakit, kantor, mall, sekolah, apartemen dan rumah susun.

"Pada prinsipnya mahasiswa melahirkan suatu produk yang didesain sendiri. Dosen hanya menuntun, mengarahkan dan mengendalikan sehingga kegiatan ini boleh terlaksana," ujarnya.

Kegiatan ini lanjutnya, ada unsur kompetisi. Dimana setiap kelompok harus serius melayani para pengunjung. "Karena setiap pengunjung akan memberi penilaian terhadap kualitas materi (buku dan maket) yang dipamerkan," ungkapnya.

Lanjutnya, kegiatan ini merupakan agenda tahunan di jurusan Teknik Sipil. Tapi berbeda dengan tahun sebelumnya, karna tahun ini sudah ada jembatan dan tampilan hasil desain mahasiswa dalam bentuk video.

MyPassion

Dia berharap, kegiatan seperti ini digelar secara terpadu diikuti oleh semua jurusan di Politeknik Negeri Manado.

"Sebagai agenda institusi dengan menampilkan ciri khas masing-masing jurusan atau prodi. Serta tempat pelaksanaannya ditempat-tempat umum dan akan mengundang industri-industri untuk berpartisipasi dalam hal masukan, tanggapan dan informasi," tukasnya.

Ir Ever N Slat MT, Direktur Politeknik Negeri Manado mengatakan, kegiatan ini dimaksudkan untuk pencapaian potensi mahasiswa sesuai dengan harapan. Dengan melakukan pameran ini maka makin lengkaplah tujuan pencapaian potensi dari mata kuliah tersebut.

"Ini adalah suatu upaya yang bagus dan inilah inovasi baru dalam metode pembelajaran. Dengan mengikuti proses ini mahasiswa benar-benar lebih baik penguasaannya ke depan," kuncinya.

MyPassion

Regina Waworuntu, salah satu peserta maket mengatakatan, awalnya bangunan ini didesain lewat buku. Setelah itu dibuat dalam bentuk maket. Mahasiswa perancang Eliora Hospital ini membuat maket bersama teman kelompoknya selama tiga hari.

Diketahui, kegiatan ini dibuka Wakil Direktur 1 Dra Maryke Alelo MBA. Turut hadir Ketua Jurusan Teknik Sipil Noldie Kondoj ST MT dan Sekretaris Jurusan Teknik Sipil Dr Rilya Rumbayan ST MEng.(*/lin)

Kirim Komentar