19 Mar 2019 10:18

Jokowi: Kami Bukan Main Kartu, Tapi Keluarkan Program

MyPassion
Joko Widodo

JAKARTA—Presiden Joko Widodo mengatakan pihaknya bukan sedang bermain kartu dengan mengeluarkan Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Kartu Indonesia Pintar (KIP) sejak terpilih pada Pilpres 2014. Namun, Jokowi menyatakan pihaknya mengeluarkan program kartu.

"Kami bukan main kartu tapi keluarkan program kartu. Beda kalau main kartu, beda," kata Jokowi di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3).

Jokowi sendiri berjanji bakal mengeluarkan program kartu baru, yakni KIP Kuliah, Kartu Prakerja, dan Kartu Sembako Murah. Calon presiden nomor 01 itu menyatakan kartu-kartu tersebut akan ia keluarkan bila terpilih kembali pada Pilpres 2019.

Dalam beberapa kesempatan, Jokowi menyampaikan KIP Kuliah akan diberikan kepada masyarakat yang ingin menguliahkan anak-anaknya, baik lulusan SMA maupun SMK namun terbentur masalah biaya. Ia ingin masyarakat bisa mengakses bangku kuliah lewat program baru tersebut.

Sementara, kata Jokowi, Kartu Prakerja bakal diberikan kepada lulusan SMK, SMA, perguruan tinggi maupun akademi saat sedang mencari pekerjaan. Menurut calon presiden nomor 01 itu, pemerintah akan memberikan pelatihan kepada para pemegang kartu.

Selain itu, para pemegang akan mendapatkan honor dalam kurun waktu tertentu selama yang bersangkutan belum bekerja atau menganggur. Namun, Jokowi belum memastikan berapa besaran honor yang bakal diterima oleh para pemegang Kartu Prakerja, begitu pun dengan mekanisme pengalokasian dananya.

Sedangkan terkait Kartu Sembako Murah, Jokowi menyatakan akan diberikan kepada ibu-ibu yang telah diseleksi untuk mendapatkan kartu tersebut. Menurut Jokowi, ibu-ibu yang memiliki banyak duit tak akan mendapatkan kartu tersebut.(cnn)

Kirim Komentar