18 Mar 2019 10:24

Banyak Pengendara di Sulut Tak Patuh UU

MyPassion
Lynda Watania

MANADOPOSTONLINE.COM—Banyak pengendara baik roda dua maupun empat di Sulut masih belum taat Undang-Undang (UU) 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan pasal 108. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Daerah Sulut Lynda Watania, Minggu (17/3).

 

"Jadi pada ayat 3 itu telah jelas mengatakan, bahwa sepeda motor, kendaraan bermotor yang kecepatannya lebih rendah, mobil barang, dan kendaraan tidak bermotor berada pada lajur kiri jalan. Dan pada ayat 4 dituliskan penggunaan lajur sebelah kanan hanya diperuntukkan bagi kendaraan dengan kecepatan lebih tinggi, akan membelok kanan, mengubah arah, atau mendahului kendaraan lain," ungkapnya.

Watania mengatakan, selain melanggar, banyak pengendara di Sulut juga belum mengetahui secara pasti UU tersebut. Karena itu, dia mengatakan, pihaknya sedang menggencarkan sosialisasi agar semua pengendara paham dengan kewajiban di jalanan.

"Kejadian seperti ini bukan hanya terjadi di Sulut. Namun secara nasional. Atau di seluruh Indonesia. Dan memang kita tidak bisa pungkiri, banyak pengendara yang belum paham atau sengaja walaupun aturan tersebut sudah diketahui. Karena itu menjadi juga tugas kita untuk membuat lebih banyak pengendara sadar. Ya kalau ada penindakan dari pihak berwajib jika melanggar tentu sudah sesuai ketentuan. Karena kan sudah tertata dalam UU," tandasnya. (tr-02/can)

Kirim Komentar