18 Mar 2019 17:43

Aplikasi Sikemas Jadi Tempat Pengadu Warga

MyPassion
Fahri Damopolii

MANADOPOSTONLINE.COM---Pemerintah Kota Kotamobagu sejak tahun lalu telah meluncurkan aplikasi Sistem informasi Keluhan Masyarakat (Sikemas) untuk menampung  keluhan masyarakat.]

 

Kepala Bidang SIKP Diskominfo Kotamobagu Fahri Damopolii  mengatakan, aplikasi yang dikeluarkan Dinas Kominfo Kotamobagu itu, diharapkan bisa memudahkan untuk mengadu ataupun melaporkan masalah yang terjadi di lingkungan masyarakat. “Seperti masalah sampah, kebakaran, pelayanan rumah sakit, kamtibmas, serta lainnya,” katanya. “Bisa dikatakan aplikasi ini, sebagai tempat curhatnya masyarakat kepada pemerintah serta kritik atas pelayanan,” tambahnya.

Dia menjelaskan, aplikasi Sikemas ini bertujuan agar kerja Pemerintah Kotamobagu lebih terarah dan maksimal dalam memberikan pelayanan publik. “Aplikasi ini terhubung langsung dengan data center Dinas Kominfo serta seluruh SKPD di Kotamobagu," ujarnya.

Sementara itu,  Kepala Diskominfo Kotamobagu Ahmad Yani Umar menegaskan,  jika keluhan masyarakat melalui Sikemas ini tidak diindahkan oleh instansi terkait,  maka instansi tersebut dipastikan akan mendapatkan sanksi. “Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kotamobagu memberikan SKPD teknis untuk menyelesaikan aduan masyarakat itu dalam waktu 2×24 jam. Apabila tidak merespon aduan masyarakat, maka konsekuensi akan diterima oleh SKPD tersebut,” ucap Yani.

Yani mencontohkan, seperti ada laporan genangan air beberapa waktu lalu di depan bundaran Paris yang masuk jam 10 malam, kita langsung sampaikan ke SKPD teknis. “Hanya saja, waktu itu memerlukan beberapa alat sehingga penanganannya nanti pada esok pagi. Tetapi, waktu yang diberikan Wali Kota dan Wakil Wali kota untuk merespon aduan masyarakat terkait pelayanan publik hanya 2×24 jam,” tandasnya.(tr-06/ite)

Kirim Komentar