15 Mar 2019 10:47

Tujuh Calon Jamaah Haji Batal Berangkat

MyPassion
Ilustrasi calon jamaah Haji

MANADOPOSTONLINE.COM-Tujuh Calon Jamaah Haji (CJH) Kotamobagu batal berangkat. Kepala  Penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kotamobagu Moh Sahran Noor Gonibala mengatakan, tujuh orang CJH batal berangkat karena ada yang sakit dan meninggal. “Empat orang meninggal dan tiga orang sakit," ungkapnya.

Menurut dia, dari 97 orang  terdaftar, yang berangkat hanya 90 CJH. Terdiri dari laki-laki 36 orang dan perempuan 54 orang. Namun, pihaknya pun tengah mengusulkan penambahan lansia sebanyak 10 orang. "Kami berharap Kementerian Agama bisa menyetujui pengusulan ini," harapnya.

Dia mengakui, sebelum melakukan manasik, ada beberapa tahapan yang harus dilakukan."Yakni, tahap pemeriksaan dan pasport. Jika semua sudah terkumpul, tinggal menunggu manasik," kata Gonibala.

Dia menjelaskan, untuk memudahkan CJH dalam pemeriksaan biometrik, dari pusat meminta data dan nomor paspor CJH. “Nantinya akan ada pemeriksaan. Namun, di Kotamobagu itu sudah dilakukan sejak tahun lalu. Ini fungsinya memudahkan jamaah haji. Biasanya menunggu hingga 8 jam. Nanti dengan ini hanya sekitar 2 jam," pungkasnya. ()

Kirim Komentar