15 Mar 2019 16:44

Pemkot Tomohon Genjot Pengembangan UMKM

MyPassion
Wali Kota Jimmy Eman bersama pelaku UMKM di Balai Benih Pertanian Kota Tomohon, Kamis (14/3) kemarin.(Humas)

MANADOPOSTONLINE.COM—Meningkatkan perekonomian rakyat, Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon menggelar pengembangan perencanaan perekonomian masyarakat di Balai Benih Pertanian, Kamis (14/3) kemarin.

 

Wali Kota Tomohon Jimmy Eman SE Ak mengatakan, pengembangan perencanaan perekonomian untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat kecil sangat luas, salah satunya melalui Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). "Kiranya melalui kegiatan ini, ekonomi di berbagai sektor bisa naik sebagai penyedia lapangan kerja yang terbesar dan pencipta pasar baru serta sumber inovasi," ujarnya.

Melalui pengembangan UMKM ini, dapat meningkatkan stabilitas ekonomi makro terlebih khusus di Tomohon, karena menggunakan bahan baku lokal dan memiliki potensi eksport, sehingga akan membantu menstabilkan kurs rupiah dan tingkat inflasi, menggerakkan sektor rill.

Eman menambahakan pada umumnya UMKM  memiliki keterkaitan industri yang cukup tinggi. "Sehingga meningkatkan pendapatan domestik usaha mikro dan kecil yang diharapkan akan meningkatkan pendapatan perkapita dari kelompok mayoritas penduduk terbawah. Sekaligus meningkatkan pemerataan pendapatan masyarakat, sehingga dapat menurunkan tingkat kemiskinan,” terangnya.

Kepala Bagian Ekonomi dan Pembangunan Kota Tomohon Vonnie Montolalu mengatakan, tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk tersedianya rumusan dalam meningkatkan perekonomian masyarakat kecil yang kurang mampu dan pelaku usaha mikro. "Kiranya melalui kegiatan ini terciptanya stabilitas perekonomian masyarakat kecil dan pelaku usaha mikro dalam pemenuhan kebutuhan serta peningkatan ekonomi keluarga," tutupnya.(tr-04/ria)

Kirim Komentar