15 Mar 2019 09:28

Calon Komisaris BSG Masih Misterius

MyPassion

MANADOPOSTONLINE.COM—Teka-teki siapa yang bakal menduduki jatah satu kursi Komisaris Bank Sulawesi Utara Gorontalo (BSG), masih menjadi misteri. Hingga Kamis (14/3), Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sulutgomalut menyatakan, belum menerima rekomendasi nama-nama yang siap melanjutkan kerja Rustam Akili.

Yang belakangan mundur, karena ikut ajang pemilihan April mendatang. “Belum ada pemasukan nama-nama dari pemegang saham, terkait surat pengajuan calon pengurus BSG. Sehingga belum tahu berapa calon yang diajukan dan namanya siapa,” ujar Ketua OJK Sulutgomalut Slamet Wibowo.

Lanjutnya, jika surat pengajuan nama-nama tersebut telah masuk. Pihaknya punya dasar untuk melakukan pemanggilan guna beranjak ke tahapan berikutnya, yaitu fit and proper tes. “Bagaimana bisa dites kalau belum ada personnya? mudah-mudahan dalam waktu dekat,” imbuhnya.

Ekonom Robert Winerungan berharap pelaksanaan seleksi berkas hingga fit and proper tes yang bakal dilakukan OJK bisa meluluskan calon pimpinan BPD yang berkualitas dan berintegritas.

“Komisaris lebih ke pengawasan kan, artinya calon ini harus tegas, tahu dan paham prosedur rumah tangga di BPD, figur yang bisa dijadikan role model. Memotivasi pekerja untuk berkarya lebih baik, disiplin dan punya visi membawa BSG ke arah yang lebih baik,” ujarnya.

Sebelumnya, perwakilan pemegang saham BSG James Sumendap yang diwawancarai usai pelaksanaan RUPS Senin (11/3) lalu, menyatakan ada empat usulan nama yang siap disodorkan pihaknya ke OJK.

Lebih dari itu, Bupati Minahasa Tenggara ini juga mengindikasikan adanya perwakilan internal ‘Torang Pe Bank’ dalam rombongan calon pemimpin baru tersebut.

“Yang pasti kalau dia pegawai BSG, sesuai dengan ketentuan dan peraturan wajib mengajukan surat pengunduran diri terlebih dahulu. Yang pasti nama-nama ini orangnya profesional dan dinilai mampu menjadi pimpinan di BSG,” ujarnya.

Tak hanya Kabupaten Bolaang Mongondow, yang lantang  menyuarakan perwakilannya duduk di kursi komisaris. Provinsi dan Kota  Gorontalo pun punya jagoan. Tak tanggung-tanggung, empat nama disodorkan provinsi yang dipimpin Rusli Habibie ini. 

Diakui Habibie, pihaknya telah merangkum dua nama untuk diajukan dalam ajang pertarungan calon komisaris nantinya. “Ada pak Sarifuddin Musi’i dan Nurlan Darise, duanya lagi mungkin masukan dari Pemkot Gorontalo. Fair kan, Provinsi dan Kota Gorontalo punya hak yang sama dan berhak mengajukan nama kan,” ujarnya.(jul/gnr)

Kirim Komentar